Tim KKN-T IPB University Lakukan Pengadaan Tanaman Air Mata Pengantin untuk Tingkatkan Produktivitas Madu Lebah Trigona

Tim KKN-T IPB University Lakukan Pengadaan Tanaman Air Mata Pengantin untuk Tingkatkan Produktivitas Madu Lebah Trigona

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University di bawah bimbingan Prof Tony Sumaryada melakukan kegiatan pengadaan tanaman air mata pengantin di Kelurahan Bubulak, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan bertempat di Rimba Farm RW 11.

Bekerja sama dengan ketua RT setempat, kegiatan ini bertujuan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas madu yang dihasilkan dari lebah trigona dengan merek dagang “Ba Lebah”. Hasil madu dari lebah trigona di tempat ini memiliki rasa yang asam dan kurang manis.

berita-Tim KKN-T IPB University Lakukan Pengadaan Tanaman Air Mata Pengantin untuk Tingkatkan Produktivitas Madu Lebah Trigona

"Diharapkan dengan adanya kegiatan pengadaan tanaman air mata pengantin ini dapat meningkatkan produktivitas dari lebah trigona tersebut dalam menghasilkan madu. Sehingga madu yang dihasilkan memiliki rasa yang manis dan disukai oleh banyak kalangan termasuk anak-anak," ujar Diva Athaya FS, mahasiswa IPB University.

Lebah trigona ini akan dilakukan panen madu selama empat bulan sekali dengan perkiraan sekali panen sebanyak dua liter. Kawasan Rimba Farm tidak hanya memproduksi madu hasil lebah trigona, namun produk lain juga seperti kambing qurban, frozen food lele bumbu kuning, serta ayam pedaging.

Metode penjualan dilakukan baik secara offline maupun online. Untuk penjualan madu lebah trigona secara online dapat diakses pada marketplace shopee dengan nama “Rimbarfarm Bubulak”. (*/Rz)

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa