Jaga Kualitas Penelitian, LPPM IPB University Gelar Monev Riset Keilmuan LPDP Tahun 2022

Jaga Kualitas Penelitian, LPPM IPB University Gelar Monev Riset Keilmuan LPDP Tahun 2022

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bidang Penelitian menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Substansi Kemajuan Penelitian Riset Keilmuan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahun 2022, 14/7. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas penelitian IPB University sebagai kampus dengan kinerja penelitian terbaik. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh LPPM IPB University setiap tahunnya.

“Pada Riset Keilmuan LPDP ini, kegiatan monev termasuk dari bagian standar mutu penelitian. Sehingga menjadi kewajiban bagi setiap tim peneliti untuk hadir,” jelas Prof Sugeng Heri Suseno selaku Wakil Kepala LPPM IPB University bidang Penelitian.

Riset Keilmuan LPDP ini dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), RI. Salah satu syarat penerima dana penelitian ini adalah kegiatan monev menjadi salah satu indikator capaian riset.

“Nantinya, dalam riset keilmuan ini akan ada empat kali monev. Pada monev kali ini tujuannya untuk melakukan pencairan dana tahun kedua. Sehingga, peneliti dapat memperhitungkan proses penelitian untuk mencapai luaran 100 persen pada akhir periode nanti,” tuturnya.

berita-Jaga Kualitas Penelitian, LPPM IPB University Gelar Monev Riset Keilmuan LPDP Tahun 2022

Menurutnya, yang terlibat pada kegiatan monev berjumlah 12 peneliti dan mengundang reviewer internal LPPM IPB University sebanyak 8 orang reviewer yang tersertifikasi untuk menilai capaian luaran para peneliti.

Sebelum dilakukan monev, Prof Sugeng menyampaikan dukungan kepada seluruh peneliti agar dapat menjalani kegiatan monev dengan baik. “Monev ini bersifat internal. Tetap bersikap tenang dan berikan laporan terbaiknya masing-masing. Jika ada kendala, pastikan hal itu tersampaikan kepada reviewer,” ujarnya.
Ia menambahkan, kegiatan monev ini memberikan ruang kepada peneliti untuk memaparkan hasil kegiatannya yang kemudian akan langsung di-review dan diberi masukan oleh tim reviewer.

“Agenda monev dilakukan dalam rangka menjaga kesesuaian target peneliti dengan memonitor kinerja capaian peneliti di lingkungan IPB University,” ujar Prof Eko Sri Wiyono selaku Asisten Wakil Kepala Bidang Penelitian LPPM IPB University.
Ia menerangkan, LPPM akan terus mengawal dan memfasilitasi dosen peneliti IPB University melalui kegiatan Monev. Dengan demikian, peneliti dapat terus meningkatkan prestasi IPB University di bidang penelitian. (Aisyah/Zul)

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa