Dosen Mengabdi

Dosen Mengabdi Merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada dosen untuk beraktivitas membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

 

Dosen mengabdi juga merupakan bentuk respon aspirasi dari stakeholder (industri, komunitas, lembaga) dalam meyelesaikan persoalan yang dihadapi  stakeholder.

Secara umum program ini dirancang untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

LPPM IPB merancang skema pengabdian dosen yaitu skema Dosen Mengabdi Reguler (Lingkar Kampus) dan Dosen Mengabdi Unggulan (Dosen Pulang Kampung)

 


 

Tujuan Dosen Mengabdi

a1

Melakukan alih teknologi, ilmu pengetahuan dan seni yang sesuai dengan urgensi kebutuhan masyarakat untuk pengembangan martabat manusia dan kelestarian sumber daya alam.

a2

Memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat atau stakeholder terkait yang relevan dan terkini.

a3

Melakukan kegiatan yang mampu mengentaskan masyarakat tersisih pada semua strata, yaitu masyarakat yang tersisih secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya

Bentuk Kegiatan Program

 1

Kegiatan dosen mengabdi diselenggarakan secara terarah, terukur, dan terprogram

2

Dosen pelaksana kegiatan wajib memiliki penguasaan metodologi penerapan keilmuan yang sesuai dengan bidang keahlian, jenis kegiatan, serta tingkat kerumitan dan kedalaman sasaran kegiatan.

 3

Kegiatan dapat berupa mengajar (BIMTEK/ Pelatihan), pendampingan dan bentuk kegiatan lainnya

 4

Standar hasil kegiatan program:
a.Penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat;
b.pemanfaatan teknologi tepat guna;
c.Bahan pengembangan iptek (bahan ajar/modul pelatihan)

 


 

*klik gambar Agenda Program untuk melihat pengumuman

Dosen Mengabdi Pulang Kampung     a. pengumuman
Dosen Mengabdi Reguler ipb

 

Close
Bahasa