Dosen Pulang Kampung IPB University Buat Pelatihan Teknologi Perikanan di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Dosen Pulang Kampung IPB University Buat Pelatihan Teknologi Perikanan di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Tim dosen IPB University dari Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang diketuai oleh Prof Nurjanah memanfaatkan program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) lewat pelatihan teknologi perikanan kepada masyarakat di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Tak sendiri, Prof Nurjanah didampingi dua anggotanya, Prof Tati Nurhayati dan Dr Desniar, beserta Suci Rahmatilla, mahasiswa THP IPB University angkatan 55.

“Program Dospulkam IPB University memberi kesempatan kepada para dosen untuk mengabdi ke kampung halaman mereka masing-masing melalui berbagai kegiatan. Diharapkan, dari kegiatan itu dapat meningkatkan produktivitas sumberdaya, baik pertanian, perikanan, sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah tersebut,” ujar Prof Nurjanah, Ketua Tim Dospulkam di Tanah Datar dalam emailnya 13/7.

Prof Nurjanah memaparkan materi mengenai peningkatan nilai tambah hasil perikanan dengan penerapan teknologi zero waste. Dr Desniar menyampaikan materi pembuatan produk fermentasi dari hasil perikanan untuk produk pangan dan pakan.  Sementara   Prof Tati Nurhayati menyampaikan terkait pemanfaatan jeroan ikan sebagai penghasil enzim, yang dapat diaplikasikan sebagai pengempuk daging.

berita-Dosen Pulang Kampung IPB University, Tim Dosen dari THP FPIK IPB Beri Pelatihan Teknologi Perikanan di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

“Sebelum dan sesudah pemaparan dari narasumber para peserta diberikan pre-test dan post-test tentang materi-materi yang disampaikan. Antusiasme peserta nampak dari keaktifan mereka untuk bertanya,” ungkap Prof Nurjanah kepada puluhan peserta yang hadir dalam program Dospulkam ini.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan demo pembuatan bekasam dan silase yang dipandu oleh Dr Desniar dan demo aplikasi enzim untuk pengempukan daging yang dipandu oleh Prof Nurhayati. Peserta turut terlibat untuk mencoba proses pengolahannya secara langsung.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar turut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Dospulkam IPB University ini. Pasalnya, output yang didapatkan sangat terintegrasi dengan peningkatan produktivitas sumberdaya perikanan Kab. Tanah Datar melalui pembinaan-pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, peserta juga mendapatkan merchandise berupa produk-produk inovasi Prof Nurjanah dan tim. Inovasi tersebut antara lain produk kosmetik dari rumput laut dan garam rumput laut. Kedua produk ini telah diproduksi startup binaan Prof Nurjanah, yaitu PT Rumah Rumput Laut dan PT Akuanutrindo Sukses Makmur (Gamy Bahari).

Kegiatan ini dukung oleh mitra UMKM Dangau Lele dan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar. Turut dihadiri oleh berbagai kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan), kelompok pengolah pemasar (Poklahsar), Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Perikanan, Dinas Koperasi, perindustrian dan Perdagangan, Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten dan PKK Nagari. (*/Rz)

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa