Workshop Progress-Output Kegiatan Penelitian BPDPKS, KP4S, LPDP dan PI Tahun 2018

Workshop Progress-Output Kegiatan Penelitian BPDPKS, KP4S, LPDP dan PI Tahun 2018

Pada hari Kamis – Jumat, 14 – 15 Februari 2019 LPPM IPB melaksanakan acara Workshop Progress-Output Kegiatan Penelitian BPDPKS, KP4S, LPDP dan PI Tahun 2018 bertempat di Ruang Belimbing, SEAFAST Center, Kampus IPB Baranangsiang. Pada acara tersebut hadir Kepala LPPM IPB (Dr. Aji Hermawan MM), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc), Tim Komisi LPPM IPB, dan para peneliti dengan kategori bidang penelitian Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kerjasama Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Strategis (KP4S), Lembaga  Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Penelitian Institusi (PI).

Prof. Agik menyampaikan, tujuan pelaksanaan acara tersebut adalah memberikan masukan kepada LPPM yang dibantu oleh Tim Komisi PPM tentang apa saja yang telah dilakukan oleh para peneliti. “bagi lembaga acara ini sangat penting, sebab kedepan kita akan menentukan bagaimana IPB melalui para peneliti bisa mengarah pada ujung tertentu sehingga para reviewer atau Tim komite bukan menilai, akan tetapi ingin mengetahui pemikiran-pemikiran para peneliti yang nantinya akan dirangkum dalam rapat tim pleno untuk membuat rekomendasi yang akan dikirim ke Kepala LPPM, sehingga LPPM akan mengetahui kekurangan yang dihadapi oleh para peneliti itu apa saja”.

Sesi presentasi dan diskusi antara peneliti dan tim komisi PPM dilaksanakan dalam workshop tersebut dengan tujuan untuk melihat sejauh mana progress penelitian yang telah dilakukan sehingga dapat diketahui langkah-langkah apa saja yang bisa diambil kedepannya.

Tim komisi PPM LPPM IPB memberikan penilaian melalui borang capaian output kegiatan penelitian untuk mengetahui sejauh mana progress penelitian yang telah dilakukan yang meliputi beberapa kriteria yaitu kontribusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa, keterlibatan instansi di luar IPB, dan Keberlanjutan model/hasil penelitian dapat ditindaklanjuti oleh mitra (pemda, swasta, dan lembaga pemerintah). Selain itu, para peneliti menyampaikan progress kegiatan dengan mengisi borang capaian output yang berisi tema penelitian, tujuan, output yang dihasilkan (berupa teknologi, prototype/produk, kebijakan, publikasi dan HKI).

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa