Welcome Ceremony & Orientation Program of SUIJI 2017

Welcome Ceremony & Orientation Program of SUIJI 2017

Penyambutan kedatangan peserta SUIJI-SLP dari 3 Universitas di Jepang dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2017 bertempat di Ruang Senat IPB lantai 6, Gedung Andi Hakim Nasoetion, IPB Dramaga. Agenda welcome ceremony and orientation program ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono,MS), Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Prastowo, M.Eng), Direktur Kemahasiswaan (Dr. Ir. Sugeng Santoso, M.Agr), Direktur Kerjasama dan Program Internasional (Dr. Ir. Edy Hartulistiyoso, M.Sc,Agr), Kasubdit Program Internasional (Dr. Eko Hari Purnomo), Dr. Ir. I Wayan Astika, M.Si (Ketua Pelaksana SUIJI-SLP), Rezky Khrisrachmansyah, ST., MT. (Koordinator Program SUIJI-SLP), Dr. Ir. Zainal Abidin, M.Sc (Pembimbing mahasiswa Jepang dalam SUIJI-SLP), Prof. Dr. Shigeyuki Tajima (Dosen Kagawa University), dan sebanyak 63 peserta program SUIJI-SLP dari IPB dan Jepang.

Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi pada pelaksanaan Program SUIJI-SLP. Beliau menambahkan dengan pelaksanaan program SUIJI-SLP di 2 Kabupaten di Indonesia, diharapkan para peserta dapat saling mengenal budaya satu sama lain. Selain itu, ucapan terimakasih kepada seluruh tim penyelenggara program SUIJI-SLP 2017 dari IPB disampaikan oleh Prof. Dr. Shigeyuki Tajima, beliau menuturkan kegiatan SUIJI-SLP ini merupakan ajang yang tepat untuk saling berkolaborasi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dan harapannya kerjasama ini dapat terjalin lebih erat.

Pada agenda ini, Dr. Ir. I Wayan Astika, M.Sc memberikan pemaparan agenda SUIJI-SLP yang akan dilaksanakan di 2 Kabupaten yaitu Tegal dan Bogor diantaranya : Penanganan sampah (Garbage Handling), Pemanfaatan Pekarangan (Home Gardening), Mempelajari kegiatan pertanian lokal (Experiencing local agricultural practices), Pertukaran budaya (Cultural exchange), Mengunjungi Sekolah Dasar di lokasi SUIJI-SLP (Visiting elementary schools), Mempresentasikan hasil kegiatan (presentation of the results) dan Malam kebudayaan (Cultural night).

Home Gardening merupakan salah satu program dari SUIJI-SLP yang baru akan dilaksanakan pada pelaksanaan SUIJI-SLP tahun ini. Rezky Khrisrachmansyah, ST., MT. menjelaskan tujuan pelaksanaan program Home gardening dalam SUIJI-SLP diantaranya untuk meningkatkan fungsi ekologi, meningkatkan nilai estetika, meningkatkan produktivitas, mengkondisikan program sesuai dengan tempat yang cocok dan keterlibatan sosial.

Dengan dilaksanakannya pemaparan orientasi program kepada seluruh peserta SUIJI-SLP 2017, diharapkan para peserta SUIJI-SLP 2017 mendapatkan gambaran terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di KabupatenTegal dan Bogor serta dapat saling berbagi ilmu kepada masyarakat di lokasi pelaksanaan SUIJI-SLP 2017.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa