Tomat Cegah Penyakit Vaskular

Tomat Cegah Penyakit Vaskular

Tomat Cegah Penyakit Vaskular

Tomat Cegah Penyakit Vaskular

sheknows.com

PENELITI Jepang menemukan satu lagi khasiat dari buah tomat. Diketahui, senyawa ekstrak 9-okso-octadecadienoic pada tomat memiliki sifat antidislipidemia yang mampu menjauhkan Anda dari penyakit vaskular.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Teruo Kawada dari Universitas Kyoto, Jepang, memfokuskan penelitian mereka terhadap bahan-bahan di dalam buah tomat. Mereka pun berhasil menemukan sebuah zat dalam tomat yang mampu mengatasi dislipidemia yakni suatu kondisi yang disebabkan ketidaknormalan jumlah lipid, seperti kolesterol dan lemak, dalam darah.

"Dislipidemia biasanya tidak menimbulkan gejala," kata Kawada, "Namun, bila tak cepat ditangani bisa menyebabkan gejala penyakit pembuluh darah, seperti arteriosklerosis dan sirosis. Maka itu, penting untuk mencegah peningkatan kadar lipid."

Selama ini, tomat sudah dikenal banyak mengandung senyawa bermanfaat bagi kesehatan. Dalam studi ini, peneliti menganalisis asam 9-okso-octadecadienoic guna menguji sifat potensi antidislipidemia.

Tujuan pengembangan senyawa yakni untuk meningkatkan oksidasi asam lemak dan sehingga membantu mengatur metabolisme lipid hati. Hasil penelitian ini pun mampu membuktikan bahwa asam 9-oxo-octadecadienoic memang memiliki sifat antidislipidemia sehingga bisa membantu mencegah penyakit vaskular atau pembuluh darah.

"Berhasil menemukan senyawa yang membantu pencegahan penyakit kronis dalam bahan makanan adalah sebuah kemajuan besar dalam penanganan penyakit ini," simpul Kawada. "Ini berarti bahwa tomat mampu membantu tubuh kita dalam mendegah timbulnya dislipidemia hanya melalui pilihan makanan sehari-hari," ujarnya seperti dikutip dari Asian News International, Jumat (7/1). Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research edisi Januari 2011. (Pri/OL-06)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa