Temu Bisnis Badan Litbang Pertanian, FMIPA IPB, dan Dunia Usaha

Temu Bisnis Badan Litbang Pertanian, FMIPA IPB, dan Dunia Usaha

 fmipa

Temu Bisnis Badan Litbang Pertanian, FMIPA IPB, dan Dunia Usaha

Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali melaksanakan Temu Bisnis pada tanggal 11 Oktober 2012 di Botani Square, Bogor. Temu bisnis ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong kegiatan Dies Natalis Fakultas MIPA yang ke 30. Tema yang diangkat adalah Pengembangan Sains dan Teknologi Pertanian dengan Dunia Usaha untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa. Acara ini dihadiri sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari Lembaga Pemerintahan, Perguruan Tinggi dan Pelaku Usaha.

Temu bisnis ini bertujuan untuk mereformulasi desain arsitektur (blueprint) dari kolaborasi penelitian dan pengembangan pertanian dengan Perguruan Tinggi dalam upaya meningkatkan orientasinya pada perolehan HKI dan adopsinya di dunia usaha dan industri serta menyusun konsep kemitraan Lembaga Litbang, Perguruan Tinggi dan Pelaku Usaha yang akuntabel dan partisipatif guna pemanfaatan hasil penelitian di masyarakat dan merata secara nasional.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Haryono, M.Sc mewakili Menteri Pertanian yang sekaligus memberikan keynote speech dengan materi “Peran Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Lembaga Litbang dalam Pencapaian Target Pembangunan Pertanian”. Dalam pemaparannya, disampaikan bahwa dalam pencapaian target pembangunan pertanian 2014 diperlukan peran Perguruan Tinggi dan para pelaku usaha untuk memberikan dukungan supplay-chain teknologi dalam hal penciptaan inovasi teknologi benih/bibit unggul, pupuk, alat dan mesin pertanian (alsintan) serta kelembagaan; dan penyediaan (supply) inovasi teknologi tersebut dalam skala luas (hulu dan hilir) untuk dapat dimanfaatkan secara luas dalam pembangunan pertanian. Turut memberi pemaparan pada kesempatan itu adalah Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc dengan tema “Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam Pengembangan Inovasi untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa”.

Dalam sesi pemaparan Panel Bisnis, acara berjalan secara dinamis, para pelaku bisnis yang merupakan alumni IPB memaparkan bagaimana sejarah dan perkembangan bisnis yang mereka lakukan serta keuntungan yang diperoleh dari usaha mereka dan dilanjutkan diskusi dengan para peserta.

Dari kegiatan Temu Bisnis ini diharapkan akan memperoleh masukan yang komprehensif, konstruktif dan aplikatif yaitu teridentifikasinya kebutuhan penelitian dan pengembangan yang berorientasi HKI dan memenuhi kebutuhan dunia usaha dan pasar dan tersusunnya desain arsitektur (blueprint) reformulasi kolaborasi penelitian dan pengembangan pertanian dengan Perguruan Tinggi yang bernilai HKI dan layak untuk diadopsi oleh dunia usaha.

 

Sumber : Litbang Kementan

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa