Suplemen Kalsium Bahayakan Jantung

Suplemen Kalsium Bahayakan Jantung

Suplemen Kalsium Bahayakan Jantung

Suplemen Kalsium Bahayakan Jantung

creighton.edu

BERDASARKAN penelitian terbaru, kalsium dalam bentuk suplemen ternyata berpotensi memperbesar risiko terkena serangan jantung.

Dalam hasil penelitian yang dimuat di British Medical Journal, dikemukakan bahwa peran kalsium dalam pencegahan osteoporosis haruslah lebih dikaji secara mendalam. Pada umumnya, kalsium dalam bentuk tablet ditujukan untuk memperkuat tulang, tapi dalam penelitian terbaru ditemukan bahwa kalsium ternyata dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya pada perempuan paruh baya yang sehat.

Guna mengetahui tentang hal itu lebih jauh, sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Ian Reid dari Universitas Auckland di New Zealand mengkaji 11 percobaan terpisah yang melibatkan 12 ribu pasien. Ditemukan, suplemen kalsium memiliki kaitan dengan 30 persen kasus serangan jantung. Lebih jauh, risiko stroke hingga kematian turut meningkat.

Studi itu dilakukan terhadap partisipan segala usia, jenis kelamin, serta jenis suplemen kalsium yang bervariasi. Meski tingkat risikonya terbilang rendah, tapi para peneliti menilai hal ini berpotensi menjadi penyakit umum yang menjangkiti semua orang secara signifikan.

Dalam penelitian sebelumnya, ditemukan pula konsumsi makanan berkalsium dengan kadar tinggi dalam pengaturan pola makan tak meningkatkan masalah pada kardiovaskular. Itu berarti risiko hanya terdapat dalam kalsium berbentuk suplemen.

John Cleland beserta koleganya dari Universitas Hull di Inggris berkomentar bahwa di samping berpengaruh pada risiko serangan jantung, suplemen kalsium mungkin memang kurang efektif dalam melawan pengeroposan tulang. (Pri/OL-06)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com

lppm

Leave a Reply

Close
Switch Language