SPR Muara Enim

jqKypQ9I

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka pengembangan Sen-PR di Kecamatan Muara Enim, Gunung Megang, Benakat dan Rambang Dangku. Komoditi ternak di Kabupaten Muara Enim yaitu sapi Bali. Pemerintah daerah Muara Enim memiliki komitmen yang tinggi terlihat telah adanya MoU dan pendanaan kegiatan SPR untuk anggaran dana 2015 dan 2016. Pemerintah Daerah juga siap memfasilitasi berbagai kegiatan terkait SPR dengan pengaturan agenda terkait dengan program Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muara Enim.

Penjajakan pertama dilakukan pada tanggal 14 – 16 November 2015 yang dihadiri oleh tim ahli LPPM IPB bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muara Enim. Penjajakan ini juga disertai dengan kegiatan sosialisasi program SPR pada internal Dinas dan para peternak calon anggota SPR. Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon yang sangat positif baik dari Dinas maupun para peternak.

LPPM IPB merespon hasil penjajakan dan sosialisasi tersebut diatas dengan mengirim dua fasilitator (Sarjana) yang bertujuan untuk melakukan koordinasi dengan dinas dalam rangka pembentukan SPR di wilayah tersebut. Fasilitator berada di lokasi kurang lebih selama satu bulan dari tanggal 15 November sampai 11 Desember 2015. Kegiatan fasilitator selama di Kabupaten Muara Enim berlangsung dengan baik yang ditandai dengan berhasilnya pembentukan 3 SPR yang di deklarasikan pada tanggal 10 Desember 2015.

Pada tanggal 10-13 April 2016, LPPM IPB bekerja sama dengan FAPERTA UNSRI dan Disnak Kab. Muara Enim mengadakan pelatihan pengukuran, recording ternak, pembuatan pakan ternak di Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Muara Enim, Prov. Sumatera Selatan. Laporan Pelaksanaan SPR Muara Enim Tahun 2015 diserahkan oleh Pelaksana Harian SPR IPB (Prof. Agik Suprayogi) kepada Bapak Rahmad Setiawan, SPt (Staf Disnak Kan. Muara Enim).

Ternak SPR Muara Enim Pelatihan pengukuran dan
recording ternak
Sosialisasi Pelatihan SPR Muara Enim, Kab. Muara Enim, Prov. Sumsel.
Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak di SPR Muara Enim, Prov. Sumatera Selatan Penyerahan Laporan Pelaksanaan SPR Muara Enim Tahun 2015 oleh Pelaksana Harian SPR IPB (Prof. Agik Suprayogi) kpd Bpk Rahmad Setiawan, SPt (Staf Disnak Kan. Muara Enim)
Share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone

Close