SPR Kab. Sumenep

SPR DI KABUPATEN SUMENEP

SPR SUMENEP

Pada tahun 2013 LPPM IPB melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang di koordinasi oleh Prof. Dr. Muladno telah mengawali koordinasi dengan dinas dalam upaya pembentukan SPR. Mengingat hal itu maka pada tahun 2015 LPPM IPB mencoba untuk berkomunikasi kembali dengan pihak Dinas Peternakan Kab. Sumenep sebagai upaya percepatan pembentukan SPR. Penjajakan pertama dilakukan pada tanggal 5 – 6 November 2015 yang dihadiri oleh pimpinan LPPM IPB bersama Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep. Penjajakan ini juga disertai dengan kegiatan sosialisasi program SPR pada internal Dinas dan para peternak calon anggota SPR. Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon yang sangat positif baik dari Dinas maupun para peternak. LPPM IPB telah mengirim fasilitator dan dokter hewan ke Kab. Sumenep. Kegiatan ini mendapatkan antusias yang tinggi dari peternak. Peternak berharap dengan adanya program SPR dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas ternak yang berkesinambungan dengan memperkenalkan teknologi dan inovasi di bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Dari hasil evaluasi fasilitator diketahui bahwa masih diperlukan adanya peningkatan pemahaman terhadap SPR di lingkungan Disnak Kab. Sumenep, disamping itu perlu juga adanya peningkatan komitmen pemerintah daerah setempat. Sampai saat ini deklarasi SPR belum sempat terlaksana mengingat berbagai pertimbangan internal Dinas dan Pemerintah daerah.

Distanak sangat mengaharapkan program SPR berlangsung dengan sukses. Peternak juga memiliki harapan yang sama dan sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan SPR. Peternak membutuhkan transfer ilmu dari perguruan tinggi. Perubahan pola pemeliharaan ternak yang tradisional menjadi modern diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas ternak, sehingga kesejahteraan peternak dapat meningkat.

SPR Kab Sumenep

Close