SPR Kebumen

Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen telah menjalin kerjasama dengan IPB. Penjajakan pertama dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2015 yang dihadiri oleh pimpinan LPPM IPB bersama Distanak Kabupaten Kebumen. Penjajakan ini juga disertai dengan kegiatan sosialisasi program SPR pada internal Dinas dan para peternak calon anggota SPR. Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon yang sangat positif baik dari Dinas maupun para peternak. LPPM IPB merespon hasil penjajakan dan sosialisasi tersebut diatas dengan mengirim dua fasilitator (Sarjana) yang bertujuan untuk melakukan koordinasi dengan dinas dalam rangka pembentukan SPR di wilayah tersebut. Fasilitator berada di lokasi dari tanggal 23 Oktober sampai 15 November 2015. Kegiatan fasilitator selama di Kabupaten Kebumen berlangsung dengan baik yang ditandai dengan berhasilnya pembentukan 2 SPR yang di deklarasikan pada tanggal 10 November 2015.

Komitmen Dinas pertanian dan peternakan (Distanak) sangat tinggi dilihat dengan adanya penandatanganan MoU dan SPK dengan perguruan tinggi untuk mensukseskan pengembangan SPR. Dinas merasa terbantu dengan adanya fasilitator dalam persiapan deklarasi SPR dan keberadaan dokter hewan muda sangat membantu dalam pemeriksaan keswan. Fasilitas berupa obat-obatan ternak telah disediakan oleh Dinas pertanian dan peternakan untuk program dokter hewan muda. Fasilitasi lain sudah dianggarkan, jika terdapat kegiatan terkait SPR dengan pengaturan agenda kegiatan.

Distanak sangat mengaharapkan program SPR berlangsung dengan sukses. Peternak juga memiliki harapan yang sama dan sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan SPR. Peternak membutuhkan transfer ilmu dari perguruan tinggi. Perubahan pola pemeliharaan ternak yang tradisional menjadi modern diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas ternak, sehingga kesejahteraan peternak dapat meningkat.

Share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone

Close