SPR Bojonegoro

DOKTER HEWAN IPB MENGABDI DI SPR KABUPATEN BOJONEGOROSPR BOJONEGORO

    IPB terus mengabdi untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan peternak Indonesia. Konsistensi IPB dalam mengawal kedaulatan peternak untuk membantu pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan peternak kecil di Indonesia tidak diragukan lagi. Selasa, 6 Oktober 2015 terbukti IPB mengirimkan 12 dokter mudah (mahasiswa program pendidikan dokter hewan tingkat akhir) dan 3 dokter hewan senior dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB diterjunkan ke salah satu wilayah Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Kabupaten Bojonegoro-Jawa Timur. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh LPPM-IPB dengan tujuan untuk menghadirkan pelayanan dan teknologi-inovasi kesehatan hewan di SPR Kab. Bojonegoro binaan IPB. Para dokter bertugas di Kab. Bojonegoro berlangsung selama lima (5) hari, dan akan didistribusikan di 3 SPR-IPB yaitu di Kecamatan Kasiman, Kedung Adem, dan Temayang. Misi utama mereka adalah memberikan pelayanan kesehatan ternak (pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi) dan sekaligus mendapatkan data dasar sebagai indikator alat ukur keberhasilan SPR di sana. Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, mereka akan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro.

    SPR BOJONEGORO(1)

    Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) IPB merupakan salah satu program LPPM IPB yang berhasil menjadi program nasional melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian-RI. SPR IPB telah berkembang luas di Indonesia, sudah terbentuk 11 SPR binaan IPB dari awal penggasannya pada Tahun 2013. Jumlah SPR ini masih akan terus bertambah seiring banyaknya Pemerintah Daerah yang mengharap IPB untuk dapat mengembangkan dan mengawal terbentuknya SPR di wilayah mereka. Sebelas SPR tersebut diantaranya di Kabupaten Bojonegoro (3 SPR), di Jombang (1 SPR), di Sumatera Selatan Kabupaten Musi Banyuasin (1 SPR), Kabupaten Banyuasin (1 SPR), Kabupaten OKI (1 SPR), Kabupaten Barito Kuala (1 SPR), Kabupaten Tasikmalaya (1 SPR), Kabupaten Pekalongan (1 SPR), dan Sumbawa (1 SPR).

    SPR IPB ini merupakan stasiun (laboratorium) lapang IPB yang ada di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga stasiun lapang ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas proses pendidikan di IPB maupun untuk perguruan tinggi lain. Sangat dimungkinkan pengiriman dokter hewan seperti di SPR Kabupaten Bojonegoro ini akan diulangi lagi pada tahun-tahun berikutnya secara periodik, bahkan untuk SPR IPB yang lain di Indonesia juga ditunggu kehadiran dokter hewan ini.

Share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone

Close