Sosialisasi Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI)

Sosialisasi Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI)

Dalam rangka pelaksanaan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) gelombang 2 tahun 2018, Direktorat Pengembangan Teknologi Industri Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) menyelenggarakan sosialisasi untuk industri dan peneliti dibawah koordinator LPPM IPB. Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang LPPM IPB lt. 5 pada Hari Kamis, 1 Maret 2018 yang dibuka oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc.Agr.

Sosialisasi Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI)

Marhaendo waluyo, MT selaku narasumber dari KEMENRISTEKDIKTI menjelaskan, Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) ini merupakan sebuah instrumen Kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan tujuan meningkatkan relevansi dan produktivitas riset dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan teknologi di industri. KEMENRISTEKDIKTI memandang daya saing secara global masih lemah sebab belum menunjukkan adanya kemajuan yang berarti karena kurangnya dukungan inovasi di bidang industri. Dalam pengembangan produk industri, pemerintah mendukung pelaksanaan program konsorsium riset dan pengembangan yang menyertakan Akademisi, Bisnis, dan Pemerintah dalam suatu pola A-B-G.

Keterlibatan industri dan pemerintah menjadi kunci pendorong dalam rangka mempercepat inovasi, meningktakan kapasitas dan kapabilitas pelaku R & D di sektor industri, meningkatkan produk-produk hasil industri dalam negeri serta memberikan peluang penciptaan lapangan pekerjaan. Marhaendo waluyo, MT menyampaikan terdapat 7 tema dalam pengembangan teknologi yang meliputi :

  1. Bidang teknologi energi
  2. Bidang teknologi transportasi
  3. Bidang teknologi TIK
  4. Bidang teknologi Hankam
  5. Bidang teknologi pangan
  6. Bidang teknologi kesehatan dan obat
  7. Bidang teknologi bahan baku dan material maju

Harapannya, pelaksanaan program pengembangan teknologi industri (PPTI) dapat mendorong terciptanya inovasi dan peningkatan daya kompetisi di bidang industi serta mengurangi ketergantungan teknologi dari luar.

Download Berita dalam PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa