Sosialisasi Konsep dan Pengembangan Penelitian IPB dan Panduan Penelitian Institusi oleh LPPM IPB

Sosialisasi Konsep dan Pengembangan Penelitian IPB dan Panduan Penelitian Institusi oleh LPPM IPB

Rabu (31/07) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi konsep dan pengembangan penelitian IPB dan Panduan Penelitian Institusi. Bertempat di Ruang Senat Akademik, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, acara tersebut dihadiri oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Aji Hemawan), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi), para Ketua Departemen, Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Penyelarasan LPPM, Tim komisi PPM LPPM, dan Tim Basis Data LPPM IPB.

Menurut Dr. Aji, LPPM telah mendesain persoalan dan menyusun strategi di masing-masing bidang untuk dijadikan masukan ke BAPPENAS yang kemudian disebut dengan konsep Agromaritim. “Tujuan penyusunan konsep agromaritim adalah untuk membumikan konsep 4.0 terhadap realitas atau kondisi pertanian di masyarakat seperti apa. Setelah menyusun konsep, LPPM kemudian menerapkan aplikasi pengembangannya” tuturnya. Dr. Aji berharap ide-ide yang dimiliki oleh para peneliti di IPB dapat tereksplorasi dan LPPM yang akan memfasilitasi supaya ide penelitian dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Konsep Agomaritim 4.0 diterjemahkan dalam sebuah peta jalan pengembangan penelitian IPB berbasis agromaritim 4.0. peta jalan diperlukan agar implementasi konsep tersebut dapat diwujudkan dalam kegiatan penelitian di IPB untuk mendorong tercapainya transformasi pembangunan indonesia yang berbasis pada kekuatan sumberdaya agromaritim melalui pemanfaatan teknologi digital secara cerdas dan bijaksana.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan sesi pemaparan materi dengan mendatangkan dua orang narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar yang menyampaikan Pemaparan konsep dan pengembangan penelitian IPB berbasis agromaritim 4.0 dan Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa