Semua Desa di Dramaga Jadi Binaan IPB

Semua Desa di Dramaga Jadi Binaan IPB

 

KEMBANGKAN UKM: Inilah salah satu kerajinan warga Desa Cikarawang yang merupakan desa lingkar kampus dan merupakan binaan IPB.

DRAMAGA –  Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat mandiri, pada 2011 mendatang seluruh desa di Kecamatan Dramaga akan masuk lingkar kampus Institut Pertanian Bogor (IPB).  Penegasan itu diampaikan Camat Dramaga, Arom Munandar.  

“Dari sepuluh desa yang ada, tujuh desa sudah masuk desa lingkar kampus yang menjadi binaan IPB, tiga desa lainnya yakni Desa Sukawening, Sukadamai dan Purwasari menyusul. Proposal ketiga desa itu sudah diberikan dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengaku, akan mewujudkan keinginan dari tiga desa tersebut,” kata Arom, kemarin.

Manfaat desa yang masuk lingkar kampus IPB, sambung Arom, akan memberi semangat pada masyarakat di lingkar kampus. Sehingga tidak hanya menjadi tanggung jawab perguruan tinggi, tapi juga diikuti partisipasi dari stakeholder lain dalam memberdayakan masyarakat menuju kemandirian.

“Selain pembinaan di bidang lingkungan, pertanian, peternakan, UKM, pendidikan dan keterampilan maka nanti kelompok yang mewakili desa akan mendapat bantuan permodalan dan fasilitasi pemasaran produknya,” ungkap Arom.

Arom menambahkan, program yang sudah berjalan di tujuh desa meliputi pengembangan budidaya tanaman jambu, pengembangan lembaga keuangan mikro, klinik tanaman, peningkatan pengelolaan jaringan irigasi. Selain itu, ada pengembangan industri rumah tangga, pengembangan agrowisata, pengembangan budidaya padi sehat, teknik dan manajemen pembuatan kompos.

“Pelatihan pedagang makanan jajanan, perbaikan kualitas kesehatan lingkungan, teknik dan manajemen pembuatan biogas, pengembangan posdaya, pengembangan ternak kambing serta pengembangan budidaya ikan air tawar, sudah berjalan dengan baik,” terangnya.

Contoh sukses desa lingkar kampus itu seperti yang telah berjalan di Desa Cikarawang cocok di program pengembangan budidaya tanaman jambu, dan Desa Dramaga yang bergelut program pengembangan budidaya ikan air tawar.(and)

 
Sumber : Radar Bogor

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa