Safari Klinik Pertanian Nusantara oleh LPPM IPB di Kabupaten Madiun dan Kediri, Provinsi Jawa Timur

Safari Klinik Pertanian Nusantara oleh LPPM IPB di Kabupaten Madiun dan Kediri, Provinsi Jawa Timur

Rabu (3/8), Tim LPPM IPB yaitu Dr. Prastowo, MEng (Kepala LPPM IPB), Bonjok Istiaji, SP.,M.Si (Koordinator Klinik Pertanian IPB), Dr. Ir. Hermanu Tri Widodo, MSc. (Ahli tanaman pertanian dan perkebunan IPB), Dr. Faleh Setia Budi, ST., MT (Ahli Pangan IPB), Ir. Sutrisno Koswara, MSi (Ahli Pangan IPB), Ir. Sutrisno, MBA (Ahli pangan IPB), dr. Naufal Muharam Nurdin, MSi (Ahli Gizi IPB), Dr. Ir. Dan Istiqlaliyah Muflikhati, MSi (Ahli Gizi IPB), melaksanakan kegiatan Safari Klinik Pertanian Nusantara di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dalam acara Klinik Pertanian Nusantara tersebut, turut hadir Kepala BAPPEDA Kabupaten Madiun (Ir. Edy Bintardjo, MTP), Kepala Dinas Ketahanan Pangan (drh. Lilin Syarifah Aniesah) beserta jajarannya.

 

Safari Klinik Pertanian di Kabupaten Madiun dilaksanakan dalam bentuk Pelayanan Klinik Tanaman, Konsultasi Gizi dan Keluarga, serta Pelayanan Klinik UMKM Pangan. Menurut  Kepala BAPPEDA Kabupaten Madiun, selain sharing informasi, bentuk kegiatan tersebut dianggap sangat membantu para petani maupun para pelaku UMKM pangan dalam membantu mengatasi persoalan yang dihadapi saat ini. “Masih banyak yang harus dibenahi oleh para pelaku usaha UMKM pangan untuk meningkatkan nilai tambah terutama dalam proses produksi, kemasan produk dan manajemen pemasaran. Selain itu kami berharap pula tim ahli IPB dapat membimbing para petani dalam menghadapi masalah pertanian yang akhir-akhir ini terjadi di Kabupaten Madiun misalnya seperti serangan hama wereng yang terjadi beberapa waktu lalu” jelas Kepala BAPPEDA Kabupaten Madiun (Ir. Edy Bintardjo, MTP).

Pada hari kamis (4/8), Tim LPPM IPB yaitu Dr. Prastowo, MEng (Kepala LPPM IPB), Bonjok Istiaji, SP.,M.Si (Koordinator Klinik Pertanian IPB), Dr. Ir. Hermanu Tri Widodo, MSc. (Ahli tanaman pertanian dan perkebunan IPB), Dr. drh. Harry Soehartono, MSc (Ahli Kesehatan Hewan IPB), Dr. Ir. Suryahadi, DEA (Ahli Nutrisi Ternak IPB). Dalam kegiatan Klinik Pertanian yang dilakukan di Kabupaten Kediri turut hadir pula Rektor UNISKA (Prof. Dr. H. Suparyadi, SIP, MM), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kab. Kediri (drh. Tutik Purwaningsih), para petani dan peternak Desa Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

Kegiatan Safari Klinik Pertanian di Kabupaten Kediri dilaksanakan dalam bentuk pelayanan Klinik Tanaman, Klinik Kesehatan Hewan dan Reproduksi, serta Klinik Nutrisi dan Produk Ternak. Dalam sambutannya, Dr. Prastowo menyampaikan untuk mempermudah akses komunikasi antara petani di Kabupaten Kediri dengan IPB, petani dan peternak dapat mendaftarkan diri ke program Cyber Extension IPB untuk berkonsultasi maupun memperoleh informasi via online terkait pertanian dalam arti luas dari para Tim Ahli IPB. “Kami berharap para petani dan peternak dapat menyerap dan menerima semua bentuk penyuluhan dari kegiatan Klinik Pertanian Nusantara ini” sambung Dr. Prastowo.

Link terkait : https://youtu.be/zaZowR8k1Fo

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close