[Rilis] Ribuan Mahasiswa IPB Turun ke Desa dalam Program BCL 2016

[Rilis] Ribuan Mahasiswa IPB Turun ke Desa dalam Program BCL 2016

"Yang dibutuhkan bukan hanya sekedar ide dan program, melainkan juga semangat juang yang tinggi dari mahasiswa.

Pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 LPPM IPB mengadakan pertemuan dengan para calon asisten/pendamping lapang untuk kegiatan Bina Cinta Lingkungan (BCL) 2016, yang dihadiri oleh 120 asisten yang merupakan mahasiswa angkatan 50-51 dari berbagai Departemen di IPB dan diisi oleh ketua pelaksana BCL Dr. Ir. Wayan Astika, MSi. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas CCR 101 pukul 16.00-17.00, yang berupa pengarahan dan pengenalan kegiatan BCL 2016 kepada asisten. Dr. Wayan menjelaskan tentang kegiatan dan program-program yang terdapat pada BCL 2016 terkait tugas asisten, pelaksanaan teknis di lapangan dan pelaporan hasil kegiatan. Kegiatan BCL 2016 dibuka pada hari Sabtu, 21 Mei 2016 dan dilanjutkan dengan kuliah pembekalan yang diikuti oleh perwakilan asisten dan mahasiswa setiap desa dan pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 22, 28 dan 29 Mei 2016.

Setelah minggu lalu dilakukan pengarahan kepada para asisten Bina Cinta Lingkungan (BCL) 2016, maka minggu ini pada hari Sabtu, 21 Mei 2016 dilakukan pembukaan dan kuliah pembekalan BCL 2016. Kegiatan ini berlangsung di halaman CCR dan ruang kelas TL 01. Kegiatan BCL 2016 merupakan kegiatan pembinaan terhadap mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) dilaksanakan atas kerjasama LPPM IPB, Direktotat PPKU dan Direktorat Kemahasiswaan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa PPKU terhadap lingkungan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan mahasiswa PPKU dan sudah berjalan selama 4 tahun. Tahun ini kegiatan dilakukan di 17 desa lingkar kampus. Kegiatan akan dibagi ke dalam 3 jadwal turun lapang yaitu hari Minggu, 22 Mei 2016 di 8 desa antara lain: Desa Dramaga, Desa CIherang, Desa Sukawening, Desa Sukadamai, Desa Sinarsari, Desa Neglasari, Desa Petir dan Desa Purwasari. Pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 dilakukan di Desa Cikarawang, Deda Babakan, Desa Margajaya, Desa Balumbang jaya, Desa Cihideung Ilir, Desa Cihideung Udik, Desa Benteng dan Desa Cibanteng, sedangkan hari Minggu 29 Mei 216 dilakukan di Desa Situ Gede.

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sarana dan Prasarana,  Dr. Ir. Arif Imam Soeroso, MSc, Kepala LPPM, Dr. Ir. Prastowo. M.Eng, Sekretaris LPPM, Dr. Ir. Agus Oman S, MSc, Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian, Prof. Dr. Drh. Agik Suprayogi, M.Sc. Aif, Direktur Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sugeng Santoso, M.Agr dan Dr Eko Sri Wiyono perwakilan Direktorat PPKU. Pada kata sambutannya Dr. Wayan menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh asisten dan peserta yang sudah bersedia mengikuti kegiatan BCL 2016. Dr. Wayan mengharapkan dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya. Selanjunya pada sambutan dan pembukaan yang dilakukan oleh Dr. Ir. Arif Imam Soeroso, MSc dikatakan bahwa sebaik-baiknya masnusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Sehingga mahasiswa melalui kegiatan BCL 2016 dapat berlatih bersosialisasi dan melihat kondisi masyarakat secara langsung. Agar bisa memberikan masukan terhadap permasalahan yang terjadi. Selanjutnya sebagai simbolis diberikan alat kebersihan dan bibit tanaman kepada perwakilan 17 desa.

Setelah itu perwakilan asisten dan peserta BCL 2016 dari setiap desa mengikuti kuliah pembekalan di ruang kelas TL 01. Kuliah pembekalan diawali oleh sambutan dari Kepala LPPM, Dr. Ir. Prastowo, M.Eng yang menjelaskan secara singkat tentang kegiatan BCL 2016. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis kegiatan BCL oleh Dr. Wayan Astika, MSc, pembinaan soffskill : metoda komunikasi dengan masyarakat oleh Dr. Ir. Nurmala Katrina P, MS, DEA dan pembekalan tematik dimana untuk BCL 2016 terdapat 2 program tematik, yaitu pengembangan taman sekolah oleh Dr. Andi Gunawan, M.Agr dan bank sampah oleh Rizal Bahtiar, SP, M.Si.

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa