Analisis Kelembagaan dan Srategi Peningkatan Daya Saing Komoditas Kentang di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Ruwanti Eka Rahayu, Lindawati Kartik

ABSTRAK

Kenaikan volume impor dan penurunan volume ekspor sayuran menuntut adanya upaya peningkatan daya saing terhadap produk sayuran lokal. Kentang merupakan komoditas sayuran dataran tinggi unggulan nasional dan daerah yang potensial untuk dikembangkan. Salah satu sentra produksi kentang di Jawa Tengah adalah Kabupaten Banjarnegara. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi dan indikator kinerja utama (IKU) untuk meningkatkan daya saing komoditas kentang di Kabupaten Banjarnegara. Analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif, analisis TOWS, dan Pairwise Comparison. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: indikator kinerja utama yang menjadi prioritas dalam peningkatan daya saing komoditas kentang di Kabupaten Banjarnegara adalah; a) Jumlah petani yang memasarkan produknya di koperasi; b) Persentase peningkatan jumlah benih bersertifikat yang memenuhi kebutuhan petani kentang; dan c) Persentase peningkatan produksi kentang lokal yang memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor serta adanya regulasi terkait sistem kontrak pada kemitraan usaha kentang.

Kata kunci: daya saing, indikator kinerja utama, kentang

ABSTRACT

The increase of import volume and the decrease of export volume of vegetables require the efforts to increase the competitiveness of local vegetable products. Potato is the core of highland vegetable commodities in national and regional areas that potential to be developed. One of the potatoes production centers in Central Java is Banjarnegara Regency. The purpose of this study are to formulate strategy and key performance indicators (KPIs) that will increase the competitiveness of potato in Banjarnegara. Data analyzed by Descriptive analysis, TOWS analysis, and Pairwise Comparison. The results of this study indicate that: the KPIs that become the priorities in increasing the competitiveness of potato in Banjarnegara are; a) The number of farmers who distribute their products in cooperative; b) Percentage increase in the number of certified seed potatoes that meet farmer’s needs; and c) Percentage increase of the local potatoes production to meet the demand of domestic and export markets as well as the related regulations on potatoes business partnership contract system.

Keywords: competitiveness, key performance indicators, potatoes

Download Abstrak  

Close