LPPM IPB Gelar #Publicourse Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Batch 2

LPPM IPB Gelar #Publicourse Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Batch 2

Bidang Kajian Strategis dan Publikasi Ilmiah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB menggelar pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi dosen dan mahasiswa pascasarjana pada tanggal 25 September 2018 di IICC Baranangsiang Bogor. Pelatihan tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Kajian Strategis dan Publikasi Ilmiah (Dr. Eva Anggraini, S.Pi.,M.Si), Kepala Bidang Publikasi Ilmiah (Dr. Hawis Madduppa, S.Pi., M.Si) dan para peserta pelatihan yang terdiri atas Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana IPB.

Pelatihan diikuti oleh sebanyak 36 peserta yang telah diseleksi dan memiliki manuskrip. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan dibatasi sebab tujuan dari pelatihan adalah menghasilkan training yang berkualitas dan membekali dosen, peneliti dan mahasiswa IPB dalam mempersiapkan artikel ilmiah yang bereputasi internasional.
Dalam sambutannya, Dr. Eva menyampaikan bahwa saat ini salah satu fokus IPB dalam bidang publikasi adalah meningkatkan jumlah artikel dan sitasi. Saat ini IPB melalui LPPM IPB tengah mendorong peningkatan publikasi dengan berbagai program kegiatan diantaranya kegiatan klinik publikasi, pelatihan penulisan artikel ilmiah, dan program pemberian insentif publikasi bagi Dosen yang telah mempublish jurnal internasional.
Dr. Eva menyarankan agar para peserta menggunakan kesempatan sebaik mungkin dalam acara pelatihan penulisan artikel ilmiah ini. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan akan dikawal hingga manuskrip siap untuk dipublish.
Pelatihan penulisan artikel ilmiah menghadirkan pemateri yaitu Dr. Anuraga Jayanegara, S.Pt, M.Sc (Research Project Design, Ethics issue, Plagiarisms and Self-Plagiarisms), Dr. Berry Juliandi, S.Si., M.Si (Reference manager, Choosing Journal, Review Process and Respond to Reviews) dan Dr. Hawis Madduppa, S.Pi., M.Si (Good Scientific conduct, Scientific Writing and Reading). Dalam acara tersebut dilakukan pula sesi Scientific Writing Clinic yang dibagi menjadi 3 kelompok dan dipandu oleh masing-masing narasumber yang hadir.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa