Program IPB Goes to Field di Kabupaten Gianyar, Bali

Program IPB Goes to Field di Kabupaten Gianyar, Bali

Jumat (28/07), Tim LPPM IPB yaitu Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Prastowo, MEng), Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB (Prof. drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAVET(K)), Kepala Pusat Studi Pembangunan, Pertanian dan Pedesaan (PSP3) LPPM IPB (Dr. Sofyan Sjaf, SPt, M.Si), Tim RPJM Desa, Pusat Pengkajian, Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) LPPM IPB, Dosen Koordinator (Dr. drh. Andriyanto, M.Si) dan Dosen Pembimbing (Dr. Drh. Hera Maheswari, MSc, AIF, Drh. Mokhamad Fakhrul Ulum, MSi, Drh. Andriyanto, MSi, Drh. Leni Maylina, MSi) Abdi Nusantara-Kesehatan Hewan IPB hadir dalam acara Penerimaan mahasiswa IPB Goes to Field (IGTF) di Kabupaten Gianyar, Bali. Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala BAPPEDA (Drs. Gede Widarma Suharta, MM), Kepala Dinas Pertanian (Ir. Made Raka, M.Si) dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (Ir. I Gusti Ayu Dewi Hariani,M.Si) Kabupaten Gianyar.

Kegiatan IPB Goes to Field di Kabupaten Gianyar pada tahun 2017 meliputi 4 program, yaitu Program Kesehatan Hewan (Mahasiswa Abdi Nusantara XI FKH IPB 2017), Program Pengembangan Minapadi, Pendampingan Drone Desa dan Kesadaran Spasial untuk Pembangunan Desa, serta Pendampingan penyusunan/riview/harmonisasi RPJM-Desa.

Untuk Program Kesehatan Hewan, kegiatan IGTF ini akan dilaksanakan dengan tema “Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Kesehatan Melalui Penyuluhan Kesejahteraan Hewan dan Pencegahan Zoonosis” yang akan diikuti oleh 85 mahasiswa mulai tanggal 27 Juli 2017 s/d 10 Agustus 2017 dan  dipimpin oleh Dr. drh. Andriyanto, M.Si dengan dibantu oleh 3 orang dosen pembimbing lainnya (Dr. Drh. Hera Maheswari, MSc, AIF, Drh. Mokhamad Fakhrul Ulum, MSi, Drh. Andriyanto, MSi, Drh. Leni Maylina, MSi). Lingkup kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu :

  1. Pemberian obat cacing untuk hewan ternak
  2. Sosialisasi struktur perkandangan hewan ternak yang baik dan sehat
  3. Pelatihan lapang pembuatan probiotik
  4. Penyuluhan zoonosis
  5. Penyuluhan hiegienis pangan
  6. Workshop penyegaran petugas puskeswan tentang reproduksi hewan ternak dan evaluasi rabies.

Program Minapadi dilaksanakan dengan tema “Program Pengembangan Minapadi” yang akan diikuti oleh 14 mahasiswa mulai tanggal 25 Juli 2017 s/d 10 Agustus 2017 dipimpin oleh Dr. Ir. Agus Oman Sudrajat, M.Sc dengan lingkup kegiatan sebagai berikut :

  1. Penyuluhan budidaya minapadi kepada petani
  2. Pembentukan kelompok minapadi
  3. Pembuatan demplot minapadi.

Program Drone Desa dan Kesadaran Spasial untuk Pembangunan Desa akan dilaksanakan dalam bentuk :

  1. Pemaparan program dengan judul “Pendampingan Drone Desa dan Kesadaran Spasial untuk Pembangunan Desa” yang akan disampaikan oleh Dr. Sofyan Sjaf, SPt, M.Si (Kepala Pusat Studi Pembangunan, Pertanian dan Pedesaan LPPM IPB).
  2. Pengambilan foto udara dengan drone di salah satu desa terpilih serta pembuatan peta desa, yang akan dilakukan oleh 2 orang asisten.

Program Pendampingan penyusunan/review/harmonisasi RPJM-Desa akan dilaksanakan dengan tema “Pendampingan penyusunan/review/harmonisasi RPJM-Desa” yang akan dilakukan oleh tim khusus yang akan dipimpin oleh Dr. Mujio, M.Si dengan dibantu 2 orang asisten dan 7 orang fasilitator (lulusan IPB). Kegiatan ini juga akan melibatkan seluruh mahasiswa peserta IGTF dengan tema (1) dan tema (2). Lingkup kegiatan meliputi:

  1. Pemaparan Program dengan judul ”Penguatan Perencanaan Pembangunan Daerah melalui Pemantapan RPJM-Desa” kepada Pimpinan OPD dan Para Kepala Desa di, Kabupaten Gianyar (pada saat penerimaan mahasiswa IGTF oleh Bupati Gianyar)
  2. Training of Trainer (TOT) tentang penyusunan RPJM-Desa selama 2 (dua) hari
  3. Pendampingan di desa terpilih

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close