Pusat Penelitian Sumberdaya Hayati & Bioteknologi (PPSHB) LPPM IPB

RUANG LINGKUP

  1. Penelitian, pelatihan, seminar, workshop, konsultasi, jasa analisis dan diseminasi di bidang bioteknologi, bahan hayati, konservasi dan pemanfaatan sumberdaya hayati
  2. Identifikasi dan pengelolaan keanekaragaman hayati yang meliputi nilai konservasi tinggi (high conservation value) untuk perkebunan dan hutan tanaman industri, plasma nutfah (hewan, tumbuhan dan mikroba) untuk mendukung pelestarian dan pemanfaatannya secara berkelanjutan.
  3. Bioteknologi pertanian, khususnya analisis keragaman genetik dan perbaikan genetik: tanaman, hewan dan mikroba melalui rekayasa genetika, biologi sel dan molekuler, dan kultur jaringan tanaman.
  4. Rekayasa bioproses untuk menghasilkan bahan-bahan baru yang meliputi bioplastik, biosurfaktan, bioselulosa (kertas), bioenzim, biopestisida, biofertilizer.
  5. Produksi dan pemanfaatan pupuk hayati yang meliputi mikroriza, dan pupuk organik, evaluasi dan pemantauan keberhasilan revegetasi lahan pasca tambang.

VISI

Menjadi Pusat Penelitian Unggulan bertaraf internasional untuk pengembangan bioteknologi, konservasi dan pemanfaatan sumberdaya hayati

MISI

  1. Menyelenggarakan penelitian di bidang bioteknologi, kopnservasi dan pemanfaatan sumberdaya hayati untuk mendukung IPB sebagai perguruan tinggi berbasis riset (research-based university)
  2. Mendujung pendidikan di IPB, baik untuk program sarjana maupun pasca sarjana, melalui kegiatan penelitian
  3. Menyediakan jasa (teknologi, konsultasi, pelatihan, diseminasi) di bidang bioteknologi, konservasi dan pemanfaatan hayati sebagai output dan outcome dari penelitian.

TUJUAN

  1. Dukungan terhadap pendidikan baik program sarjana maupun pascasarjana melalui penyediaan fasilitas penelitian
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia di bidang bioteknologi, konservasi dan pemanfaatan sumberdaya hayati melalui pelatihan-pelatihan
  3. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengembangan di bidang bioteknologi, konservasi dan pemanfaatan sumberdaya hayati
  4. Peningkatan pelayanan ilmiah melalui diseminasi dan aplikasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan.

DIVISI

  1. Biologi Molekuler dan seluler
  2. Rekayasa Bioproses dan Biomaterial
  3. Konservasi Keanekaragaman Hayati

Kepala : Prof. Dr. Ir. Cece Sumantri, M.Sc
Sekretaris : Dr. Ir. Ahmad Junaedi, M.Si

Alamat : Gd. PAU, Jl. Kamper, Kampus IPB Darmaga
Telp : 0251-8621257 Fax : 0251-8621724

Email : ppshbipb@ipb.ac.id
website : http://rcbio.ipb.ac.id/, http://ppshb.ipb.ac.id/

Close