Pusat Kajian Resolusi Konflik (Care) (Centre for Alternative Dispute Resolutions, Regulation & Policy Analysis and Community Empowerment) LPPM IPB

CARE LPPM IPB merupakan salah satu pusat penelitian di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – Institut Pertanian Bogor, yang dibentuk berdasarkan SK Kepala LPPM IPB Nomor 048/K13.11/OT/2007 tanggal 24 April 2007, kemudian disahkan dengan SK Rektor IPB No 091/I3/OT/2009, tanggal 1 Mei 2009.

Visi

Menjadi pusat penelitian dan pengembangan resolusi konflik terkemuka di Indonesia dan internasional dalam rangka mewujudkan kecerdasan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat yang beradab dan berkeadilan.

Misi

  1. Melakukan penelitian dan mengembangkan alternatif model-model pengelolaan potensi konflik sumberdaya (SDA dan SDM), meliputi pencegahan (perencanaan pembangunan), penyelesaian konflik dan rehabilitasi pasca konflik, serta pemberdayaan.
  2. Melakukan evaluasi dan perancangan regulasi kebijakan pembangunan daerah/nasional yang berkeadilan dan memberdayakan.
  3. Mengembangkan model-model pemberdayaan dan pendampingan menuju kemandirian melalui upaya pembangunan yang lebih berkeadilan dan berkelanjutan.

 

Divisi:

  1. Resolusi Konflik
  2. Regulasi dan Kebijakan Publik
  3. CSR dan Pemberdayaan
  4. Kemitraan dan Komunikasi Publik

 

Lingkup Kegiatan:

  1. Mengembangkan pemetaan sosial secara komprehensif.
  2. Mengembangkan manajemen potensi konflik, penanggulangan krisis dan kerawanan sosial lainnya secara komprehensif di berbagai lapisan masyarakat (baik konflik horizontral maupun vertikal) melalui pendekatan alternative dispute resolution(ADR) dan pemberdayaan.
  3. Pendampingan dalam proses penanganan resolusi konflik menuju perbaikan kondisi sosial, ekonomi dan ekologi.
  4. Mengembangkan manajemen dan revitalisasi pembangunan pertanian dan perdesaan untuk mewujudkan harmoni dalam pengelolaan sumberdaya.
  5. Membantu pemerintah daerah dalam perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan di berbagai sektor yang peduli potensi konflik.
  6. Melakukan kajian strategis dan evaluasi kebijakan publik dan regulasi yang sensitif konflik baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  7. Mengembangkan manajemen pemberdayaan masyarakat miskin, KUKM, daerah tertinggal dan transmigrasi.
  8. Mengelola, mengkoordinir dan memfasilitasi kegiatan pemberdayaan, pendampingan, penyuluhan kepada masyarakat dalam proses  pembangunan yang peduli potensi konflik.
  9. Pelatihan bagi aparat pemerintah, pengelola CSR, pengelola kemitraan, dan masyarakat dalam bidang pengembangan masyarakat/CD, pengembangan dan pengelolaan CSR, pengembangan kemitraan/kolaborasi, resolusi konflik, pemetaan sosial (social mapping) dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building).
  10. Mengembangkan kapasitas kapital manusia dan kapital sosial sebagai penggerak pembangunan yang peduli potensi konflik, khususnya sektor pertanian dan perdesaan

--------------------------

Kepala             : Prof. Dr. Ir. Sumardjo, MS.|
Sekretaris        : Dr. Ir. Dahri, MS.

Alamat kantor:
Gd. Utama Lt. Dasar Kampus IPB Baranangsiang,
Jl. Pajajaran, Bogor 16154
Telp./ Fax. 0251-8313384
Email: care@apps.ipb.ac.id
Website: http://care.ipb.ac.id

Close