Pusat Kajian Gender dan Anak (PKGA) - Center for Gender and Child Studies LPPM IPB

Visi dan Misi

VISI PKGA IPB 2011 – 2015

Menjadi lembaga studi dan aksi yang terkemuka dan berkualitas internasional di bidang pengarusutamaan gender, serta di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam pembangunan pertanian dan perdesaan yang berkelanjutan.

MISI PKGA untuk pengembangan PSW IPB lima tahun kedepan (2015)

Penelitian interdisiplin dan transdisiplin melalui kemajuan IPTEKS untuk pengembangan kebijakan pembangunan responsif gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam rangka mewujudkan pembangunan responsif gender. Pengabdian kepada masyarakat dengan prinsip pemberdayaan melalui peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, penguatan kelembagaan, advokasi dan jejaring kerjasama multi pihak untuk peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak serta kesejahteraan masyarakat. Promosi dan pengintegrasian perspektif kesetaraan dan keadilan gender dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pembangunan pertanian dan perdesaan yang berkelanjutan.

TUJUAN PKGA IPB

Menghasilkan penelitian dan IPTEKS yang berkualitas dalam gender dan pembangunan serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Mengembangkan kapasitas, advokasi dan kerjasama multi pihak dalam upaya mencapai kesetaraan dan keadilan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Mempromosikan dan mengintegrasikan perspektif kesetaraan dan keadilan gender dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menyiapkan kaderisasi dan memperkuat kelembagaan dan jejaring pusat studi wanita.

MOTTO PKGA IPB

Membangun Kesetaraan Gender bagi Kesejahteraan Masyarakat, Perempuan dan Laki-Laki

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup PKGA IPB mencakup:

Pembelajaran ilmu Gender dan Pembangunan, Gender dan Pengembangan Masyarakat, Komunikasi Gender, Gender dan Keluarga,
Pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak serta kesejahteraan masyarakat,
Penelitian inter dan trans disiplin di bidang kebijakan pembangunan responsif gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berbasis pengembangan masyarakat pertanian dan perdesaan yang berkelanjutan.

Program kerja PKGA IPB adalah:

Dokumentasi data dan informasi hasil penelitian dan aksi terkait gender dan pembangunan (utamanya pertanian dan pedesaan), pemberdayaan perempuan, keluarga dan perlindungan anak; Publikasi cetak dan pengembangan jejaring melalui promosi di website http://psw.ipb.ac.id dan mailing list; Diskusi rutin tiga bulanan untuk mengembangkan knowledge management masing-masing divisi bersama peminat (dosen, mahasiswa, umum) kajian gender dan pembangunan, pemberdayaan perempuan, keluarga dan perlindungan anak; Pelatihan metodologi penelitian studi gender dan kebijakan; Bersama mitra kerja (pemerintah, LSM dan Swasta) mengadakan konsultasi dan koordinasi tentang kajian dan aksi pemberdayaan perempuan, keluarga dan perlindungan anak sera kebijakan pembangunan responsif gender; Seminar, workshop dan sosialisasi implementasi pengarusutamaan gender di lingkungan kampus dan luar kampus; Kerjasama lintas institusi dalam penelitian dan aksi untuk mengatasi permasalahan pembangunan utamanya integrated farming, lingkungan, kemiskinan, ketahanan pangan dan gizi, kebijakan, ketahanan keluarga, dan perlindungan anak.

Kepala
Dr. Ir. Budi Setiawan, MS

Sekretaris
Ir. Margaharta Iskandar, MSc

Divisi Keluarga, Anak dan Kesejahteraan Sosial
Dr. Ir. Herien Puspitawati, MSc, MSc

Divisi Pangan, Kemiskinan dan Pertanian Terpadu
Dr. Ir. Ikeu Tanziha, MS

Divisi Energi, Teknologi dan Lingkungan
Dr. Ir. Irzaman, MSi

Koordinator Kerjasama dan Pelatihan
Alfiasari, S.Pi, M.Si

Koordinator Pemberdayaan
Dr. R. A. Hangesti Emi Winyasari, S.Pi

Alamat : Kampus IPB Baranangsiang, Jl.Raya Pajajaran Bogor, 16144
Telp : 0251-8356420 Fax : 0251-8356420

Website : http://pkga.ipb.ac.id/

Close