Presentasi Hasil Akhir Kegiatan SUIJI-SLP 2018

Presentasi Hasil Akhir Kegiatan SUIJI-SLP 2018

Senin (12/3), LPPM IPB menyelenggarakan acara presentasi hasil akhir kegiatan SUIJI (Six University Initiative Japan – Indonesia) 2018 yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa SUIJI dari 6 Perguruan Tinggi yaitu IPB, UGM, UNHAS, Kagawa University, Ehime University, dan Kochi University.

Acara yang diselenggarakan di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga tersebut dihadiri oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Aji Hermawan, MM), Dr. I Wayan Astika, Ir. Yannefri Bakhtiar, MSi (Koordinator SUIJI-SLP untuk LPPM IPB), Prof. Dr. Yudi Pranoto (Koordinator SUIJI-SLP untuk UGM), Prof. Dr. Agnes Rampisela (Koordinator SUIJI-SLP untuk UNHAS), Koordinator SUIJI-SLP dari Jepang yaitu Prof. Dr. Shigeyuki Tajima, Prof. Dr. Kasamatsu Hiroki, Prof. Dr. Masuda Kazuya, Prof. Dr. Shimagami Motoko, dan seluruh mahasiswa SUIJI-SLP tahun 2018.

Dalam sambutan yang diberikan, Dr. Aji Hermawan menyampaikan kegiatan Service Learning Program (SLP) tersebut sifatnya penting dan merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk membentuk mahasiswa menjadi pemimpin yang baik di masa mendatang. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa dilatih untuk mencari permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat dan menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Presentasi hasil akhir kegiatan SUIJI-SLP 2018 diawali dengan pemaparan oleh mahasiswa SUIJI dari wilayah Bogor yaitu dari Desa Cikarawang, Kelurahan Situgede dan Kelurahan Bubulak, kemudian dilanjutkan presentasi dari wilayah Tegal yaitu Desa Bojong, Desa Karang Mulya, Desa Tuwel, dan Desa Suniarsih. Selain itu, mahasiswa juga menyampaikan hasil kegiatan SUIJI-SLP yang telah dilaksanakan di Wilayah Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Dari kegiatan SUIJI-SLP, mahasiswa memperoleh benyak manfaat diantaranya mampu menjadikan masyarakat sebagai society centered learning melalui interaksi dan belajar secara langsung dengan masyarakat pedesaan, dapat saling mengenal budaya satu sama lain, menemukan berbagai potensi dan tantangan di tiap lokasi, dan memperoleh berbagai informasi terkait kehidupan sosial di lingkungan pedesaan. Harapannya kegiatan SUIJI-SLP dapat terus dilaksanakan setiap tahun dengan program-program yang lebih tematik.

Download berita dalam PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa