Potensi Prebiotik Lokal Untuk Peningkatan Produksi Ikan di Kelurahan Cimahpar

Potensi Prebiotik Lokal Untuk Peningkatan Produksi Ikan di Kelurahan Cimahpar

Minggu (8/12) diadakan kegiatan dosen mengabdi oleh Dosen Sekolah Vokasi IPB Program Keahlian Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya yaitu Dian Eka Ramadhani, S.Pi, M.Siyang didampingi oleh fasillitator program Stasiun Lapang Agro Kreatif (SLAK) IPB yaitu Vivi Permata Sari dan Dedeh Ratnanengsih. Kegiatan dosen mengabdi ini, merupakan program kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB yang bertujuan untuk mengembangkan potensi prebiotik lokal sebagai obat ikan ramah lingkungan, untuk peningkatan produksi ikan di Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara, Kota Bogor.

Bentuk kegiatan yang disampaikan adalah sosialisasi yang dilaksanakan di Posyandu RW 09 Kelurahan Cimahpar, dan dihadiri oleh 15 orang dari kelompok masyarakat yang memiliki budidaya perikanan. Dalam kegiatan ini, dosen mengabdi Dian Eka Ramadhani, S.Pi, M.Si memaparkan tentang permasalahan umum yang terjadi yaitu penyakit yang mucul pada budidaya perikanan, dan menjelaskan tentang penggunaan prebiotik sebagail alternatif dari permasalahan dibandingkan dengan penggunaan antibiotik. “Penanggulangan penyakit masih menggunakan antibiotik karena dinilai lebih efektif, cepat, dan praktis. Akan tetapi, penggunaannya kini telah dibatasi karena dapat menimbulkan mutasi bakteri dan menghasilkan residu antibiotik di perairan maupun tubuh ikan. Oleh karena itu, diperlukan obat ikan ramah lingkungan yang dapat mengendalikan penyakit dan meningkatkan produksi budidaya ikan. Salah satunya yaitu dengan aplikasi prebiotik.”Jelas beliau.

Potensi-Prebiotik-Lokal-Untuk-Peningkatan-Produksi-Ikan-di-Kelurahan-Cimahpar

Selanjutnya, juga dijelaskan mengenai prebiotik dan sumber-sumber prebiotik salah satunya adalah ubi sukuh. Dalam kegiatan ini, masyarakat pun menanggapi dengan aktif berdiskusi dan melakukan tanya jawab, sehingga komunikasi dua arah berjalan dengan sangat baik. Masyarakat juga menyampaikan kondisi dan kendala kelompok budidaya perikanan, termasuk jenis penyakit yang muncul pada jenis ikan yang dibudidaya.

kegiatan ini diharapkan terus berlanjut dan akan ada penerapan pada kelompok budidaya ikan di Kelurahan Cimahpar. Salah satu pertimbangan bahan lokal yang dapat dijadikan prebiotik lokal adalah ubi jalar varietas sukuh. Ubi sukuh memiliki kandungan pati yang lebih besar, mudah dalam pembuatan, dan obat ikan yang ramah lingkungan. Metode pengolahan ubi sukuh untuk budidaya ikan telah disiapkan dalam kegiatan dosen mengabdi. Lebih lanjut, masyarakat akan bekerjasama dalam menyiapkan penanaman ubi sukuh dan selanjutnya akan diolah menjadi prebiotik untuk budidaya ikan masyarakat setempat.

Unduh berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa