Polemik Produk Keju dari Susu Manusia

Polemik Produk Keju dari Susu Manusia

Polemik Produk Keju dari Susu Manusia

Polemik Produk Keju dari Susu Manusia

zevs.net

 

KEJU adalah makanan yang dihasilkan dari pemisahan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan dengan bantuan bakteri atau enzim. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Namun, bagaimana ya bila ada keju yang terbuat dari susu manusia.

Miriam Simun, mahasiswa Universitas New York jurusan program telekomunikasi interaktif mengadakan proyek pembuatan keju dari susu manusia. Proyek yang dimulai pada Oktober lalu ini bertujuan mengeksplorasi masalah kesehatan, etika, sistem pangan, dan bioteknologi. Hadirnya keju dari susu manusia ini tak pelak menimbulkan polemik.

Bukan hanya masalah kesehatan, tapi banyak yang mempermasalahkan berbagai norma dalam mengonsumsi keju jenis ini. Pada Desember 2010, Simun memberikan penjabaran mengenai proyeknya. Ia menjelaskan ada tiga jenis keju yang berbahan dasar susu manusia yang dicampur dengan susu kambing dan susu. Program ini pun masih berlangsung hingga kini. Seperti dikutip

dari website Shine.com, Simun menuturkan, "Saya kini tengah mencari partisipan perempuan di New York yang mau bekerja sama dengan saya dalam mengembangkan proyek ini."

Selain air susu sapi, hewan lain yang biasa digunakan susunya sebagai bahan dasar keju yakni unta, kambing, domba, kuda, dan kerbau. Namun, memang ini pertama kalinya susu manusia digunakan untuk membuat keju.

Apakah Anda tertarik memakan keju dari susu manusia? Bila Anda seorang perempuan, apakah Anda tertarik menyumbangkan susu Anda untuk membuat keju? (Pri/OL-06)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa