Perusahaan Tambang 'Berguru' ke IPB

Perusahaan Tambang ‘Berguru’ ke IPB

Perusahaan Tambang 'Berguru' ke IPB

 
 mine
 Image: corbis.com

JAKARTA - Meski banyak perusahaan tambang beroperasi di Indonesia, tidak semuanya melakukan reklamasi dengan baik. Beberapa mereklamasi seadanya, beberapa perusahaan bahkan tidak melakukan reklamasi sama sekali.

Kondisi ini mendorong Pusat Studi Reklamasi Tambang (PSRT) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar pelatihan Teknologi Reklamasi Lahan Tambang untuk Mendukung Green Mining . Sekira 30 perusahaan tambang dari seluruh Indonesia mengikuti pelatihan yang digelar di IPB International Convention Center (IICC), Kampus IPB Baranangsiang, Bogor. Mereka di antaranya  PT Aneka Tambang (Antam), Tbk; PT Timah, PT Inco, PT Berau Coal, PT Kaltim Prima Coal, dan PT Adaro Indonesia.

Kepala Pusat Studi Reklamasi Tambang IPB Iskandar menyatakan, meski mengeruk sumber daya alam (SDA) Indonesia berupa batu bara, mineral, dan minyak bumi, tidak semua perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia melakukan reklamasi tambang dengan baik.

"Ada perusahaan tambang yang mereklamasi lahan tambang mereka alakadarnya. Bahkan ada pula perusahaan yang tidak mereklamasi lahan tambangnya,” ujar Iskandar seperti dikutip dari keterangan tertulis IPB kepada okezone, Senin (21/11/2011).

Pelatihan ini, imbuh Iskandar, akan mengakomodasi perusahanaan-perusahaan tambang tersebut dengan wawasan mengenai teknologi yang baik dalam mereklamasi lahan bekas tambang. Di antaranya materi tentang bagaimana cara meningkatkan kesuburan tanah, mencari tanaman yang cocok dengan lahan tersebut, dan bagaimana cara membuat kompos untuk lahan bekas tambang tersebut. Tidak hanya itu, para peserta pelatihan juga akan melakukan fieldtrip ke PT Antam Pongkor di Kabupaten Bogor.

"PSRT IPB sendiri berada pada posisi sebagai konsultan. Mereka sebatas memberikan masukan dan mencarikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tambang dalam mereklamasi lahan bekas tambang tersebut," imbuh Iskandar.(rfa)

 
Sumber : Okezone

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa