Perempuan Jepang Paling Panjang Umur

Perempuan Jepang Paling Panjang Umur

Perempuan Jepang Paling Panjang Umur

Perempuan Jepang Paling Panjang Umur

travelphoto.net

PEREMPUAN Jepang diperkirakan dapat bertahan hidup hingga 86,5 tahun, itu merupakan rata-rata usia terlama seseorang dapat bertahan hidup selama 25 tahun belakangan.

Dalam statistik pada 2009 yang dikumpulkan dan diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, terungkap bahwa harapan hidup, baik untuk perempuan maupun laki-laki Jepang mengalami peningkatan bahkan memecahkan rekor, yakni 86,44 tahun untuk perempuan dan 79.59 tahun untuk pria. Rata-rata harapan hidup bertambah hingga lima bulan untuk perempuan dan hampir empat bulan bagi pria.

Harapan hidup bagi pria Jepang sebenarnya mengalami penurunan dari posisi empat ke posisi lima rangking dunia menurut kementerian itu. Hal itu diakibatkan bertambahnya tingkat bunuh diri pada pria dewasa Jepang. Bunuh diri, aksi kejahatan, dan alkohol menjadi permasalahan di kalangan pria dewasa. Semua pelarian itu biasanya disebabkan kurangnya penghasilan dan pekerjaan yang tak stabil.

Hidup lama biasanya merupakan sebuah kabar baik, tapi pada negara dengan tingkat kelahiran rendah dan populasi cenderung menurun, meningkatnya harapan hidup akan menyebabkan populasi yang tidak proporsional karena terlalu banyaknya lansia. Selain itu, banyaknya lansia juga menyebabkan kurangnya sumber daya manusia.

Namun, di sisi lain, peningkatan ini juga menunjukkan baiknya perawatan kesehatan di Jepang. Dengan perawatan kesehatan, warga Jepang jarang mengalami berbagai penyakit mematikan seperti kanker, gangguan jantung, dan stroke. Para ahli medis di Jepang juga rata-rata berbadan sehat dan hidup berkecukupan.

Adapun Hong Kong menempati posisi kedua tingkat perempuan berumur panjang dengan usia rata-rata 86,1. Prancis di posisi ketiga (84,5) diikuti Swiss di posisi keempat (84,4). Sementara itu, untuk pria, Qatar berada di urutan satu (81) lalu Hong Kong (79,8), serta Islandia dan Swiss di posisi ketiga (79,7). (Pri/OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa