Peningkatan Peternakan Masyarakat, Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Lakukan Kunjungan ke LPPM IPB

Peningkatan Peternakan Masyarakat, Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Lakukan Kunjungan ke LPPM IPB

Jumat (5/4) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)  IPB menerima kunjungan dari Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal ingin melakukan kerjasama dalam hal peningkatan potensi dan pemanfaatan peternakan rakyat di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Kedatangan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Tegal  (Ir. Suharmanto) beserta rombongan di LPPM IPB disambut baik oleh Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian pada Masyarakat (Prof.Dr. Sugeng Heri Suseno, S.Pi., M.Si.) dan Ketua Sekolah Peternakan Rakyat (Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA) di Ruang Sidang LPPM IPB.

SPR-Tegal

Ir. Suharmanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim LPPM IPB yang telah menyambut kedatangan rombongan Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal. Beliau menjelaskan bahwa sebelumnya Kabupaten Tegal telah melakukan kerjasama dengan LPPM IPB di bidang pertanian dan ingin menjalin kerjasama lebih lanjut dalam bidang peternakan. “Saya tertarik dengan informasi terkait Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) LPPM IPB yang disampaikan oleh salah seorang staf SPR dan ingin berbincang untuk mengetahui informasi lebih lanjut”. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pada awalnya sudah ada sekolah peternakan, tetapi terjadi perubahan dan kendala pada proses administrasi sehingga berubah menjadi koperasi dengan tujuan yang berbeda. Bapak Ir. Suharmanto berharap dengan adanya kerjasama antara Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal dan SPR LPPM IPB untuk kembali mengembangkan peternakan yang sesuai dengan tujuan awal yaitu meningkatkan potensi peternakan masyarakat di Kabupaten Tegal.

Menanggapi hal tersebut, Ketua SPR LPPM IPB (Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA) menyampaikan  kunjungan Bappeda Kabupaten Tegal merupakan langkah awal untuk melakukan kerjasama dengan LPPM IPB dalam peningkatan peternakan masyarakat di Kabupaten Tegal. Ketua SPR LPPM IPB menyatakan “Niat kami, SPR LPPM IPB ingin memberikan pandangan dan wawasan kepada masyarakat untuk mau belajar berbisnis secara bersama dalam kelompok. Harapannya para peternak mampu mengetahui dan memahami penjualan ternak dengan menggunakan sistem timbangan”. Kepada SPR LPPM IPB, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal berharap kerjasama dalam pengembangan dan pengoptimalan Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten tegal sehingga memberikan manfaat lebih banyak kepada masyarakat Kabupaten Tegal. (Wd)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa