Pengembangan Kerjasama IGTF Internasional dan Simpul Kolaborasi Inovasi (CIC) oleh LPPM IPB ke Vietnam

Pengembangan Kerjasama IGTF Internasional dan Simpul Kolaborasi Inovasi (CIC) oleh LPPM IPB ke Vietnam

Pogram kerjasama internasional dalam bentuk kolaborasi IPB dengan 3 universitas di Jepang (Ehime University, Kochi University, dan Kagawa University) dan 2 universitas lain di Indonesia (Universitas Gajahmada dan Universitas Hasanuddin) yang dikemas dalam program SUIJI (Six University Initiative Japan Indonesia) merupakan salah satu bentuk pengembangan dari program kegiatan IPB Goes to Field (IGTF) yang dilaksanakan oleh LPPM IPB. Program lainnya adalah Simpul Kolaborasi Inovasi (CIC) yang merupakan kegiatan pendampingan pada masyarakat petani untuk menghadirkan inovasi IPB dan mengembangkan sistem produksi pertanian. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut disamping untuk meningkatkan kinerja pembangunan pertanian dan kesejahteraan masyarakat, juga memberikan umpan balik kepada IPB dalam upaya melakukan perbaikan secara terus menerus terhadap kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat, delegasi LPPM IPB yang diwakili oleh Dr. Prastowo, M.Eng (Kepala LPPM), Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc.,Agr. (Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian), Dr. I Wayan Astika, M.Si (Koordinator Kegiatan IGTF), Danang Aria Nugroho, S.E (Project Officer CIC) dan Jeffry Setiawan, S.Si (Project Officer IGTF) melakukan kunjungan ke Vietnam pada tanggal 13 – 16 Desember 2016 diantaranya kunjungan ke Universitas Nong Lam, kunjungan ke Agricultural Hi-Tech Park of Ho Chi Minh City (AHPT) dan kunjungan ke delta sungai mekong. Kunjungan ini merupakan salah satu misi LPPM IPB untuk mengembangkan kerjasama internasional program kegiatan IGTF dan CIC.

Tim LPPM IPB menghadiri Konferensi Internasional di Universitas Nong Lam dengan tema “Sustainable Agriculture and Environment”. Konferensi ini dilaksanakan dalam rangka pertukaran pengetahuan ilmiah dan pengembangan hubungan kolaborasi Universitas Nong Lam dengan mitra kerjasama. LPPM IPB kemudian melakukan diskusi bersama dengan Wakil Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan (Tuyen Chan Kha, PhD) dan Kepala Departemen Mirobiologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan (Dr. Vu Thi Lam An) dalam rangka tindak lanjut Kerjasama antara LPPM IPB dengan Universitas Nong Lam. Dari hasil diskusi yang telah dilaksanakan, Wakil Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Nong Lam berkomitmen untuk berkolaborasi dalam program kegiatan IGTF Internasional yang dilaksanakan oleh LPPM IPB.

Pada kunjungan ke Hi-Tech Park of Ho Chi Minh City (AHPT), LPPM IPB memperoleh informasi terkait sistem pengembangan teknologi pertanian di Vietnam. AHPT menjalankan peran sebagai pusat pengembangan penelitian, pengembangan bisnis pertanian, sarana pembelajaran untuk mengeksploitasi infrastruktur AHPT, training centre dan sebagai lahan untuk berinvestasi. Salah satu misi AHPT adalah mengembangkan kerjasama dengan mitra luar negeri untuk  meningkatkan industrialisasi dan modernisasi pertanian dengan menerapkan teknologi tinggi dalam pengelolaan kegiatan pertanian, peternakan dan perikanan di Vietnam. Dalam hal ini, LPPM IPB berupaya untuk menjalin kerjasama dengan AHPT dalam program CIC internasional. LPPM IPB kemudian melakukan kunjungan ke Delta Sungai Mekong. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka untuk melihat perkembangan Agroekoeduwisata berbasis masyarakat di Delta Sungai Mekong. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan program kegiatan CIC yang bertujuan mengembangkan suatu kawasan atau sentra produksi pertanian menuju sistem produksi pertanian yang modern dan optimum.

Melalui program kerjasama internasional tersebut, LPPM IPB dapat memperluas jaringan kerjasama dan terus mengembangkan inovasi di bidang pengabdian kepada masyarakat sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat tercapai.

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa