Penelitian Kehutanan IPB Semakin Diperkuat

Penelitian Kehutanan IPB Semakin Diperkuat

 

 

Penelitian Kehutanan IPB Semakin Diperkuat

fahutan

Tanoto Foundation memberi hibah Rp8,36 miliar untuk Pusat Informasi Kehutanan IPB. (Foto: Rifa Nadia/Okezone)

BOGOR - Kita enggak perlu mempertanyakan lagi kekayaan alam yang dikandung bumi Indonesia. Masalahnya, belum semua potensi alam, termasuk di hutan Tanah Air, tereksplorasi dengan maksimal, termasuk melalui berbagai penelitian civitas akademika di perguruan tinggi. 
 
Tetapi, tidak lama lagi geliat penelitian kehutanan, khusunya di Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB) akan kian kuat. Pasalnya, mereka akan segera memiliki Pusat Informasi Kehutanan yang akan menyokong kebutuhan para peneliti dalam mengembangkan potensi kehutanan Indonesia.
 
Pusat Informasi Kehutanan ini direalisasikan melalui hibah Rp8,36 miliar dari Tanoto Foundation kepada Fahutan IPB. Dinamai Tanoto Forestry Information Center (TFIC), pusat ini akan mewadahi semua aktivitas sosialisasi dan diseminasi informasi dan teknologi di bidang kehutanan, khususnya yang dilakukan IPB, kepada masyarakat luas.   
 
Wakil Rektor IPB Bidang Riset dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng dalam acara penandatanganan nota kerjasama dan peletakan batu pertama TFC-IPB hari ini mengungkap, selama ini Fahutan IPB menjadi rujukan perguruan-perguruan tinggi nasional dan menjalin kerjasama dengan fakultas kehutanan di berbagai negara seperti Jerman, Jepang, dan Finlandia. Selain itu, kiprah Fahutan IPB juga sudah cukup dikenal luas, baik dalam tataran praktisi, industri, maupun kebijakan.
 
Anas berharap, TFC-IPB ini dapat menjadi corong untuk menginformasikan apa saja yang sudah dihasilkan Fahutan IPB dalam dunia kehutanan Indonesia.
 
"TFC-IPB juga dapat menjadi sumber jawaban atas berbagai pertanyaan masyarakat tentang kehutanan. Mudah-mudahan pusat informasi ini juga dapat memproduksi berbagai produk kehutanan yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Anas di Gedung Sylva IPB, Dramaga, Bogor, Rabu (28/11/2012). 
 
Ketua Yayasan Bakti Tanoto Sihol Aritonang menyampaikan, Tanoto Foundation sangat bangga bisa mendukung pusat informasi kehutanan di IPB. Dia berharap IPB dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Menurut Sihol, pendirian TFC-IPB selaras dengan visi dan cita-cita Sukanto Tanoto dan tinah Bingei Tanoto dalam mengembangkan bisnis kehutanan yang berkelanjutan. 
 
"Selain itu, kami melihat jumlah peneliti kehutanan Indonesia yang hanya 401 orang sangat berbanding terbalik dengan luas hutannya. Karena itu, kami berharap TFC-IPB dapat memberikan sumbangsih kajian dan riset terbaik dari mahasiswa, dosen, maupun peneliti yang akan berguna bagi bangsa Indonesia," ujar Sihol.
 
Dekan Fahutan IPB Prof. Dr.Ir. Bambang Hero Saharjo, M.Agr berharap, melalui pusat informasi kehutanan ini IPB dapat berbuat lebih banyak kepada masyarakat melalui diseminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa maupun staf pengajar Fahutan IPB.
 
"Kami juga berharap, keberadaan TFC-IPB dapat mendukung upaya kami untuk berbuat lebih banyak dalam perlindungan sumber daya hutan di Tanah Air," tuturnya. 
 
TFC-IPB dibangun mulai tahun ini dan dijadwalkan dapat mulai digunakan 2013 mendatang. Bangunan tiga lantai dengan luas sekira 1.500 m2 ini menggunakan konsep eco-building. Lokasi TFC-IPB akan berdekatan dengan Common Class Room IPB dan Asrama Mahasiswa IPB.
 
Selain dekat dengan lokasi kuliah dan asrama, asyiknya lagi, TFC-IPB akan dilengkapi dengan perpustakaan yang terintegrasi dengan perpustakaan pusat IPB dan sumber informasi lainnya melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta pusat-pusat kegiatan kemahasiswaan dan kealumnian. Karena kelengkapannya itulah, TFC-IPB diharapkan dapat menjangkau pengguna dari kalangan mahasiswa, alumni, pelaku usaha, praktisi, pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga non-pemerintah. 
(rhs)
 
Sumber : okezone

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa