Penelitian Berbasis Klaster

Penelitian Berbasis Klaster

diktiSalah satu tantangan penelitian di Indonesia adalah bagaimana menyemai dan membangun budaya sinergi/kolaborasi antara peneliti/perekayasa dari berbagai kompetensi keilmuwan dalam satu agenda penelitian. Kompetensi keilmuwan tertentu bisa memberikan kontribusi pada klaster tertentu baik dari sisi isu strategis, konsep dan topik penelitiannya. Kalau kolaborasi riset seperti ini berjalan diharapkan lahir produk penelitian yang komprehensif, konsisten, tidak duplikasi dan tumpang tindih.

Dikti berupaya menginisiasi dan menfasilitasi para peneliti/perekayasa untuk membangun klaster penelitian dengan melibatkan berbagai kompetensi keilmuwan. Untuk memulai Dikti menfasilitasi pertemuan tiga klaster yaitu Klaster Pengentasan Kemiskinan; Klaster Ketahanan Pangan; dan Klaster Infrastruktur, Transportasi dan Pertahanan pada Jumat, 22 Mei 2009 di Gedung Dikti lt.III, Departemen Pendidikan Nasional. Masing-masing klaster akan melakukan pertemuan rutin di internal klaster mengkoordinasikan, mempertajam, mendiskusikan topik, isu strategis dan sebagainya yang relevan dengan klasternya.

 Pada pertemuan 22 Mei masing-masing klaster telah telah berhasil membentuk organisasi klaster, mekanisme dan tata kerja, rencana kerja, identifikasi awal isu-isu strategis mereka. Dalam organisasi anggota klaster telah memilih ketua dan koordinator untuk sub-sub bidangnya. Kluster Pengentasan Kemiskinan diketuai oleh Prof. Dr.Mudrajad Kuncoro, sekretaris:  Dr. Ir. Arif Satria dengan anggota: Prof. Dr. Didin Hafiduddin, Prof. Dr. Komarudin Hidayat, Prof. Dr.Imam Prasodjo, Prof.Dr.Tjondronegoro, Prof. Dr.Djumilah Zain, Prof. Dr. Elfindri, Prof. Dr. Sarlito Wirawan, Prof. Dr.Djamaludin Ancok, Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, Prof. Dr.Bustanul Arifin, Pro. Dr.R.M Gunawan Sumodiningrat. 

Kluster Ketahanan Pangan diketuai oleh Dr. Ir. Anas Miftah, sekretaris: Prof. Dr. Sriani Sujiprihati dengan anggota: Prof. Dr. Pantjar Simatupang, Dr. Ir. Yusman Syaukat, Prof. Dr. Sumarno, Prof. Dr. Hidayat Pawitan, Prof. Dr. Budisantoso W, Prof.Dr. Muh. Maksum, Prof.Dr. Kusumo Dwiyanto, Prof. Dr.Tien Muhtadi, Prof. Dr. Nurhayati Hakim, Prof. Dr.Sri Rahardjo. 

Kluster Infrastruktur, Transportasi dan Industri Pertahanan diketuai oleh Prof. Sunyoto Usman, Sekretaris Dr. Ir. Akhmad Suraji. Anggota: Prof. Tommy Ilyas, Prof. Dr. Lilik Hendrajaya, Prof. Dr. Supeno Djanali, Prof.Dr.Danang Parikesit, Prof.Dr. Ofyar Z.Tamin, Prof. Dr.Sutanto Soehodo, prof. Dr. Biemo Soemardi, Dr. John Supriyanto, Dr.Ir.Sarwono, Ir.Sumardi, Dr.Ir.Tjahyono.    

 Sumber : http://www.dikti.go.id

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa