Pemerintah Kabupaten Sigi Gandeng LPPM IPB Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat Anutapura Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Sigi Gandeng LPPM IPB Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat Anutapura Tahun 2019

Mewakili Bupati Sigi, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi Iskandar Nongtji, ST,. MM menghadiri kegiatan Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Anutapura kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi Tahun 2019 di Kabupaten Sigi di Desa Walatana Kecamatan Dolo Selatan, Rabu (11/9).

Kegiatan yang dilaksanan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi ini dihadiri oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diwakili bapak Prof.Dr. Sugeng Heri Suseno, S.Pi, M.Si, selaku Wakil Kepala LPPM IPB, bersama Tim yang terdiri dari (1) Prof.Dr.Ir. Muladno, MSA, selaku Kepala Ketua SPR IPB , (2) Dr. drh. Chusnul Choliq, MS, MM dan (3) Danang Aria Nugroho, SE selaku Manager Program Pengabdian kepada Masyarakat IPB.

Pelaksanaan Kegiatan Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Anutapura kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan model peningkatan SDM Peternakan melalui kegiatan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Kabupaten Sigi.

Kegiatan ini tidak lain adalah tindak lanjut setelah dilakukannya Sosialisasi SPR pada bulan Desember 2018 yang lalu guna memberikan langkah konkrit untuk mendukung program Inovasi pada Visi Misi kami yakni Terwujudnya Kabupaten Sigi yang Maju, Mandiri berbasis Ekonomi Kerakyatan, pada salah satu Upaya Peningkatan Ekonomi Kerakyatan yang telah tercantum pada RPJMD Kabupaten Sigi, Inovasi Sigi Masagena.

Dalam sambutan Bupati Sigi yang dibacakan oleh Asiten Iskandar mengatakan, "Inovasi ini merupakan salah satu program terobosan pemerintah daerah yang bertujuan dalam upaya pengentasan kemiskinan di sektor peternakan dimana sejak tahun 2017 telah memberikan Hibah Bansos ternak kepada kelompok-kelompok tani ternak sebanyak 1000 ekor ternak setiap tahun yang terdiri dari ternak Sapi sebanyak 500 ekor, Kambing 300 ekor dan Babi 200 ekor".

Beliau berharap kegiatan Deklarasi SPR ini dapat dijadikan sebagai tonggak Sejarah kebangkitan Peternakan Rakyat di Kabupaten Sigi. Bupati menitipkan pesan kiranya Kegiatan SPR Anutapura yang memiliki motto “Mosangu Kita Mombangu Kabelota Singgani” ini dapat diikuti dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena yang akan hadir memberikan penguatan-penguatan ini nanti adalah pakar-pakar yang ahli di bidang pengelolaan dan management peternakan.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi menerima bantuan sebesar 50 juta dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB Bogor untuk peduli bencana pada 28 September lalu yang terima langsung oleh Asisten 2. (Dng*)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa