Pembukaan Kegiatan Dialog Jumat Keliling LPPM IPB tahun 2017

Pembukaan Kegiatan Dialog Jumat Keliling LPPM IPB tahun 2017

Lauching kegiatan dialog jumat keliling (Jumling) dan kegiatan Bina Cinta lingkungan (BCL) 2017 dilakukan oleh LPPM IPB pada hari Jumat, 21 April 2017 di Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga. Dialog Jumling yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh LPPM IPB tahun ini adalah tahun ke-10 akan berlangsung setiap hari jumat dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Oktober tahun 2017. Kali ini Dialog jumling akan dilaksanakan di 17 desa lingkar kampus yang meliputi 10 desa di kecamatan Dramaga, 4 desa di Kecamatan Ciampea dan 3 kelurahan di Kecamatan Bogor Barat.

Acara yang dibuka oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Ir Prastowo, M.Eng) dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc.Agr), Sekretaris LPPM Universitas Brawijaya (Dr. Ir. Maftuch, M.Si), Koordinator Posdaya IPB (Warcito, SP.,MM), Koordinator Kemitraan Lingkar Kampus IPB (Ir. Sutrisno Koswara, MSi), Ketua Pelaksana Kegiatan BCL LPPM IPB (Dr. I Wayan Astika, Msi), perwakilan mahasiswa PPKU IPB, dan para tokoh masyarakat di Kecamatan Dramaga.

Dalam sambutannya, Dr. Prastowo menyampaikan 3 program kegiatan LPPM IPB yang tahun ini akan direalisasikan di Desa-desa lingkar kampus IPB yaitu UMKM Pangan, Bina Cinta Lingkungan (BCL), dan Sekolah Desa.

Program UMKM pangan bertujuan memberi pelatihan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah yang bergerak dibidang pangan untuk agar lebih higienis dan terjamin keamanan pangannya. Program UMKM pangan ini akan dilaksanakan setiap hari rabu di 17 desa lingkar kampus secara bergilir sebelum pelaksanaan kegiatan Jumling. Dalam program Bina Cinta lingkungan (BCL), LPPM IPB mengajak mahasiswa tingkat pertama IPB, warga desa serta siswa sekolah dasar untuk terjun langsung dalam pelaksanaan program BCL dengan  melakukan kegiatan kebersihan dan penghijauan lingkungan. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei dan 20 Mei 2017 mendatang. Program ketiga yaitu Sekolah Desa yang akan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan. Sekolah Desa ditujukan untuk para aparatur desa dengan tujuan melatih perangkat desa agar mampu memahami regulasi pemerintah terkait kebijakan pembangunan desa serta pengelolaan keuangan desa secara umum. Ketiga program LPPM IPB tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian Desa-desa di lingkar kampus IPB.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa