LPPM IPB Beri Pembekalan Peserta SUIJI – SLP Tahun 2019

LPPM IPB Beri Pembekalan Peserta SUIJI – SLP Tahun 2019

SUIJI- Service Learning Program (SUIJI-SLPM) merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LPPM IPB sejak tahun 2014 yang merupakan bentuk kegiatan kerjasama LPPM IPB dengan 3 Perguruan Tinggi di Jepang (Kagawa University, Ehime University, dan Kochi University) di bidang pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Suistainable Agriculture”.

Pada tanggal 17 Februari 2019, LPPM IPB melaksanakan pembekalan SUIJI-SLP kepada 60 mahasiswa IPB terpilih yang dilaksanakan di Ruang Senat Akademik lt. 6 Gd. Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Aji Hermawan), Wakil Kepala LPPM IPB bidang Pengabdian kepada Masyarakat (Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno), koordinator SUIJI (Dr. I Wayan Astika), Kepala Bidang Program Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Mahasiswa LPPM (Dr. Ninuk Purnaningsih), Kepala Bidang Program Pelayanan kepada Masyarakat LPPM (Dr. Prayoga Suryadarma). Hadir pula sebagai narasumber yaitu Dr. Zaenal Abidin, Dr. Sintho Wahyuning Ardie, Ir. Yannefri Bakhtiar, M.Si dan Ir. Mintarti, M.Si.

Dr. Aji menyampaikan, salah satu tujuan dari kegiatan SUIJI-SLP adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan kepada mahasiswa agar mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. “Seorang pemimpin tidak mungkin lahir dari orang yang tidak punya kontribusi di masyarakat. Seorang entrepreneur yang hanya berfikir untuk kepentingan dirinya tidak mungkin menciptakan produk kalau dia tidak memikirkan orang lain. Jadi semua dilakukan melalui sebuah proses atau tahapan sebelum menghasilkan suatu inovasi yang pertama yaitu membangun empati, memahami persoalan orang lain, mendefinisikan persoalan dan menemukan apa ide yang bisa dilakukan untuk memecahkan persoalan” jelas Dr. Aji dalam sambutannya.

Dalam acara pembekalan SUIJI-SLP 2019, narasumber memberikan materi  tentang manajemen program SUIJI-SLP dan capaiannya, filososfi program SUIJI-SLP dan manajemen resiko, budaya Jepang secara umum dan spesifik, profil desa program kegiatan SUIJI-SLP, dan teknik pendekatan ke masyarakat. Kegiatan SUIJI-SLP tahun 2019 akan diikuti oleh sebanyak 60 mahasiswa IPB dan 12 mahasiswa dari Jepang yang akan dilaksanakan di 2 Desa dan 2 kelurahan di wilayah bogor yaitu Desa Neglasari, Desa Sukawening, Kelurahan Bubulak, dan Kelurahan Situgede.

Harapannya, dengan adanya pembekalan SUIJI-SLP tahun 2019 para peserta mendapatkan bekal pengetahuan dalam pelaksanaan kegiatan dan dapat berbagi ilmu dengan masyarakat sehingga dapat mencapai tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa