Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa IPB Goes to Field Tahun 2017

Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa IPB Goes to Field Tahun 2017

Senin (17/07) dilaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa IPB Goes to Field (IGTF) bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor IPB (Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc), Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Prastowo, M.Eng), Dosen Pendamping IGTF dari Rajamangala University of Technology Thanyaburi Thailand (Assoc  Prof. Wallop Promthong), Ketua Pertanian Fakultas Pertanian Universiti Putera Malaysia (Assoc Prof. Dr Norsida Man), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Prof. Dr.H. Ali Mufrodi, MA.), Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Riset dan Pengembangan Bisnis Universitas Paramadina (Dr. Ayu Dwi Nindyati), Ketua Pelaksana IGTF (Dr. I Wayan Astika, MSi), Para Dosen Koordinator Lapang IGTF, Seluruh mahasiswa peserta IGTF 2017 dari IPB,  Universiti Putera Malaysia dan Rajamangala University of Technology Thanyaburi Thailand. Materi Pembekalan disampaikan oleh Dr. Ir. Prastowo, M.Eng dengan topik Kebijakan pengabdian kepada masyarakat dan falsafah IGTF), Dr. I Wayan Astika, MSi dengan topik Panduan teknis kegiatan IGTF, dan Dr. Nurmala K. Panjaitan, MS, DEA. dengan topik Pembinaan softskill bermasyarakat di lingkungan masyarakat desa.

IPB Goes to Field yang dikoordinir oleh LPPM IPB merupakan kegiatan pendidikan dalam bentuk pembelajaran mahasiswa bersama masyarakat dengan cara tinggal, beradaptasi, dan bekerja bersama-sama masyarakat. Status kegiatan IGTF adalah non-kurikuler yang dilakukan secara sukarela oleh mahasiswa yang berminat. Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan IGTF yaitu memfasilitasi mitra kerja IPB dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengatasi permasalahan pembangunan di masyarakat.

Tahun ini, kegiatan IGTF diikuti oleh sebanyak 241 mahasiswa IPB, 24 mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, 20 mahasiswa RMUTT Thailand, 4 mahasiswa UPM Malaysia, 13 mahasiswa POLTEKKES Tasikmalaya, 6 mahasiswa Universitas Islam Kadiri Kediri, 6 mahasiswa Univesitas Sriwijaya, dan 2 mahasiswa Universitas Paramadina. Dengan demikian jumlah keseluruhan mahasiswa peserta IGTF tahun 2017 adalah 316 Orang. Dalam kegiatan IGTF tahun 2017 akan dilaksanakan 14 program di 12 Kabupaten yang pelaksanaannya di lapangan dilakukan dengan berkoordinasi dengan mitra/pemerintah daerah setempat.

“Kami sangat bangga bahwa selama 9 tahun pelaksanaan IGTF, IPB sudah menjangkau wilayah pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi. Sebagian besar masyarakat atau pemerintah daerah merasakan manfaat dari kegiatan ini. Bahkan ada yang bersedia menyediakan dana, baik sebagian maupun keseluruhan bagi pelaksanaan IGTF” Ujar Rektor IPB dalam sambutannya. Harapannya, kegiatan IGTF ini dapat memberikan umpan balik terhadap perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan dapat mengasah softskill bagi mahasiswa.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close