Pembekalan Bina Cinta Lingkungan (BCL) Tahun 2017 Oleh LPPM IPB

Pembekalan Bina Cinta Lingkungan (BCL) Tahun 2017 Oleh LPPM IPB

Program Bina Cinta lingkungan (BCL) merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat LPPM IPB yang mengajak mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB, warga desa serta siswa sekolah dasar di desa-desa lingkar kampus IPB untuk terjun langsung melakukan kegiatan kebersihan dan penghijauan lingkungan. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei dan 20 Mei 2017 di 17 desa lingkar kampus yang meliputi 10 desa di kecamatan Dramaga, 4 desa di Kecamatan Ciampea dan 3 kelurahan di Kecamatan Bogor Barat.

Kegiatan BCL tahun 2017 ini akan diikuti oleh 1020 mahasiswa PPKU, 19 Dosen Pendamping, 35 asisten pendamping yang berasal dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap (HIMASKAP), 14 mahasiswa SUIJI Basic, Tim BCL dari LPPM IPB, serta warga desa dan siswa sekolah dasar di 17 desa lingkar kampus.

Pada tanggal 6 Mei 2017, dilakukan pembekalan kepada seluruh mahasiswa dan dosen yang akan mengikuti kegiatan BCL 2017. Acara yang dilaksanakan di Gedung CCR IPB menghadirkan narasumber yaitu Dr. Ir. I Wayan Astika, MSi (Ketua Pelaksana Kegiatan BCL 2017), Dr. Nurmala Katrina Pandjaitan, MS, DEA dan Rezky Khisrachmansyah, SP, MT. Materi pembekalan yang disampaikan meliputi penjelasan teknis kegiatan BCL, metode komunikasi dengan masyarakat, dan penerapan clean and green di jalan pedesaan. Dalam pembekalan tersebut, Dr. Ir. I Wayan Astika menyampaikan bahwa fokus kegiatan BCL yaitu membersihkan dan menata gang dan taman sekolah, sosialisasi kebiasaan cuci tangan kepada siswa siswa SD, kunjungan ke area pertanian dan UKM, serta wawancara dengan penduduk sekitar.

Setelah penyampaian materi, mahasiswa kemudian dibagi menjadi 17 kelompok kemudian dilakukan diskusi sekaligus perkenalan dengan dosen pembimbing san asisten kelompok. Tujuannya agar mahasiswa dapat mengenal satu sama lain sebelum pelaksanaan BCL di lapang.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa