Peluncuran Buku RUSNAS

Peluncuran Buku RUSNAS

Rusnas

Peluncuran Buku "RUSNAS : Riset Unggulan Strategis Nasional dalam kurun waktu 2000-2009"

Pada hari Rabu, Tanggal 30 Desember 2009, bertempat di Ruang Komisi Utama Lantai 3, Gedung 2 BPPT, Jakarta dilaksanakan acara "Peluncuran Buku Riset Unggulan Strategis  Nasional (RUSNAS) dalam realitas kurun waktu 2000-2009".  Dalam refleksinya  ini Prof. dr. A. Soebandrio, PhD., SpMK selalu Deputi Bidang Pengembangan Sipteknas menyampaikan kilasan perjalanan 10 tahun RUSNAS.  Dalam kurun waktu 2000-2009 telah dilaksanakan 8 topik RUSNAS, yaitu :

  1. Pengembangan Buah Tropis dimulai tahun 2000
  2. Pengembangan Teknologi Informatika dan Mikroelektronika (TIMe) dimulai tahun 2000
  3. Pengembangan Teknologi Kelautan : Budidaya Ikan Kerapu dimulai tahun 2000
  4. Pengembangan Industri Kelapa Sawit dimulai tahun 2002
  5. Diversifikasi Pangan Pokok dimuai tahun 2002
  6. Pengembangan Engine Aluminium Paduan dimulai tahun 2002
  7. Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan dimulai tahun 2006
  8. Pengembangan Industri Sapi dimulai tahun 2006 

Dalam  refleksinya secara khusus Prof Soebandrio menyinggung peran Prof. Dr. Tien Muchtadi dari Institut Pertanian Bogor sebagai penggagas program RUSNAS ini.

Dalam sambutannya Menteri Riset dan Teknologi menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan program RUSNAS ini.  Secara khusus Menristek menyampaikan keutamaan program topdown seperti RUSNAS ini sebagai salah satu program yang telah berkontribusi dalam pemecahan masalah nasional.  Dalam waktu dekat setelah adanya restrukturisasi bidang yang ditangani oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi ini, Menristek menjanjikan bahwa program semacam RUSNAS ini akan tetap diteruskan dan dikembangkan pada mulai tahun 2010.  Secara khusus Menristek meminta agar pihak pihak terkait dapat menyampaikan masukannya dalam penyempurnaan program top down sejenis RUSNAS yang akan diluncurkan pada tahun 2010 ini.

Dalam perjalanan RUSNAS ini,  IPB telah diberikan kepercayaan sebagai Institusi dan Lembaga Pengelola tiga Judul RUSNAs, yaitu (1) Pengembangan Buah Tropis, yang dikelola oleh Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) LPPM IPB (2) Pengembangan Industri Kelapa Sawit, yang dikelola oleh South East Asian Food and Agriculture and Technology (SEAFAST) Center, LPPM IPB  dan (3) Diversifikasi Pangan Pokok, yang dikelola oleh Pusat Studi Pangan dan Gizi, LPPM IPB. 

Pada acara peluncuran buku ini masing masing penanggung jawab RUSNAS diberikan kesempatan untuk menyampaikan paparan singkat tentang hasil yang dicapai, yaitu produk inovatif, HKI dan exit strategi yang membanggakan. Dari IPB yang menyampaikan adalah Dr. Sobir untuk topik Pengembangan BuahTropis, Dr. Dede Adawiyah untuk Topik Pengembangan Industri Kelapa Sawit dan Dr. Dahrul Syah untuk topik Diversivikas Pangan Pokok.

Dalam kesempatan acara ini Menristek  menyerahkan  buku dengan judul  "RUSNAS : Riset Unggulan Strategis Nasional dalam realitas kurun waktu 2000-2009"  kepada 5 Institusi pengelola, yaitu BPPT, IPB, UNSRI, ITB dan UB.  Sebagai wakil IPB yang menerima buku ini adalah  Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor MRur.Sc dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IPB.

 

 

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa