Pelepasan Mahasiswa KKN-Tematik IPB Tahun 2018

Pelepasan Mahasiswa KKN-Tematik IPB Tahun 2018

Selasa, 10 Juli 2018 LPPM IPB menyelenggarakan kegiatan pelepasan mahasiswa KKN-T 2018 di Gedung Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Puan Maharani), Rektor IPB (Dr. Arif Satria, MSi), Para Wakil Rektor IPB, Kepala LPPM IPB (Dr. Aji Hermawan, MM), Para Wakil Kepala LPPM IPB, Para Dekan Fakultas, Komisi KKN, Dosen Pembimbing Lapang, dan seluruh mahasiswa KKN IPB tahun 2018.

Tema KKNT IPB tahun 2018 adalah Pengintegrasian Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Pengarusutamaan Pertanian dengan sub  tema “Pengembangan pertanian terpadu berbasis umberdaya wilayah dalam Meningkatkan kemandirian pangan, ekonomi wilayah, dan kelestarian lingkungan”. Fokus Program KKNT adalah Sawah dan Pekarangan, Pertanian Terpadu Berbasis Peternakan, Pengembangan Ekonomi Pertanian dan Perdesaan Berbasis Sumberdaya Lokal, Pengembangan Aksi Ekologis dalam Pengarusutamaan Pertanian untuk Kualitas Kehidupan Berkelanjutan, Konservasi lingkungan, dan Pengembangan UMKM.

Program dan kegiatan KKNT pada tingkat kabupaten/kota mengacu pada satu atau beberapa fokus program masing-masing fakultas yang bersinergi dengan program pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah daerah.  Program dan kegiatan KKNT pada tingkat kabupaten dapat bervariasi sesuai dengan potensi, permasalahan dan kebutuhan daerah lokasi KKNT, sehingga program dan kegiatan tersebut disusun bersama antara komisi KKNT IPB dan pemerintah daerah lokasi KKNT.

KKNT IPB tahun 2018 diikuti oleh 2211 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa FAPERTA, FPIK, FAPET, FAHUTAN, FATETA, FMIPA, FEM, FEM dan SB, dengan melibatkan dosen sebanyak 31 Dosen Koordinator Wilayah dan 250 Dosen Pembimbing Lapang. Jumlah Kabupaten/Kota lokasi KKNT ada 31 Kabupaten dengan jumlah 90 Kecamatan dan 350 Desa.

KKNT IPB tahun 2018 diselenggarakan bersinergi dengan Program/Kegiatan :

  1. Kementerian Pertanian dalam bentuk pendampingan upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi jagung, padi dan kedelai (Pajale)
  2. KKN Kebangsaan di Provinsi Lampung
  3. KKN Bersama di Provinsi Lampung
  4. Kemenko Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Satuan Kerja Revolusi Mental dalam bentuk KKN Tematik Revolusi Mental di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bandung
  5. Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementrian Dalam Negeri RI di Kabupaten Bengkayang
  6. Kerjasama dengan Pemerintah Daerah yaitu di Kabupaten Taliabu, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Padanglawas, dan Provinsi Bangka Belitung.

Melalui KKN-T, diharapkan IPB menjadi center of excellence yang menghasilkan lulusan-lulusan yang berprestasi, yang siap terjun di masyarakat, untuk berperan serta dalam membangun masyarakat sehat, keluarga mandiri, dan pendamping pembangunan yang berkualitas.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa