Pelatihan Sekolah Desa bagi POKJA Pengabdian kepada Masyarakat IPB

Pelatihan Sekolah Desa bagi POKJA Pengabdian kepada Masyarakat IPB

Kamis (20/4), LPPM IPB mengadakan pelatihan Sekolah Desa untuk Kelompok Kerja Pengabdian Masyarakat IPB yang dilaksanakan di Gedung Pusat Komputer, Kampus IPB Dramaga. Acara dibuka oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Prastowo, M.Eng) dan dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc.Agr), Koordinator Posdaya IPB (Warcito, SP.,MM), Koordinator Kemitraan Lingkar Kampus IPB (Ir. Sutrisno Koswara, MSi), Tim Dosen Kelompok Kerja Pengabdian Masyarakat IPB dan para staff LPPM IPB. LPPM IPB menghadirkan Tim LPPM Universitas Brawijaya (UB) sebagai Narasumber dalam Pelatihan tersebut yaitu Dr. Ir. Maftuch, M.Si (Sekretaris LPPM UB), M. Dedy Eko, SE.,Ak.Msi, dan Syam ST.

Materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu terkait pembentukan Badan Usaha Milik Desa, Manajemen dan Pengelolaan Keuangan Desa, serta Penggunaan Aplikasi Keuangan Desa Berbasis Website. Sekolah Desa merupakan suatu program untuk memberikan layanan kepada Kepala Desa, aparatur Pemerintahan Desa, Badan Permusyawaratan Desa serta kalangan pemerhati Pembangunan Desa melalui pendidikan dan pelatihan dengan metode pembelajaran teori dan praktek yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Salah satu tujuan program ini adalah untuk melatih perangkat desa agar mampu memahami regulasi pemerintah terkait kebijakan pembangunan desa serta pengelolaan keuangan desa secara umum. Aplikasi Sekolah Desa berbasis website dimana pengolahan data dilakukan secara real-time dan dapat digunakan di seluruh desa di Indonesia.

Menurut Dr. Prastowo, program Sekolah Desa ini dapat menjadi amunisi untuk pengembangan desa lingkar kampus IPB, pengembangan daerah-daerah yang menjalin kerjasama dengan IPB, serta untuk pengembangan program LPPM IPB yang melibatkan mahasiswa (KKN-T dan IGTF).

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa