LPPM IPB University Komitmen Hasil Penelitian Tak Tertumpuk di Gudang (Pelatihan Perancangan Basis Data Angkatan V)

LPPM IPB University Komitmen Hasil Penelitian Tak Tertumpuk di Gudang (Pelatihan Perancangan Basis Data Angkatan V)

“Kita tidak ingin melihat hasil-hasil penelitian tertumpuk di gudang tanpa bisa dimanfaatkan. Dengan adanya basis data Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM), harapannya hasil-hasil penelitian tersebut bisa diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Prof Agik Suprayogi, Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bidang Penelitian IPB University dalam sambutannya sekaligus membuka acara Pelatihan dan Perancangan Basis Data di Kenanga Meeting Room, Papyus Tropical Hotel Bogor, (8-9/8).

Menurutnya, pengetahuan dan kemampuan untuk menyusun basis data penelitian terutama pada perguruan tinggi sangat dibutuhkan. Data atau hasil penelitian merupakan aset penting yang akan memperkaya khasanah keilmuan bahkan bisa menjadi landasan hadirnya rumpun ilmu baru atau teknologi terapan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Dengan terwujudnya basis data hasil PPM akan memudahkan pengguna dalam mengakses maupun menelusuri kegiatan PPM yang telah dilakukan. Oleh karena itu prinsip perancangan basis data ini perlu ditularkan ke perguruan tinggi-perguruan tinggi lain, setidaknya dari adanya pelatihan ini para peserta terinspirasi dan berharap kegiatan pelatihan ini dapat diimplementasikan di perguruan tingginya masingmasing,” ujarnya di hadapan peserta pelatihan dari IPB University, Universitas Andalas, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Padang, Universitas Satya Negara Indonesia, Universitas Tidar dan Universitas Sam Ratulangi.

Pada kesempatan yang sama, Prof Pudji Muljono selaku Ketua Panitia mengatakan pelatihan ini merupakan angkatan ke-5 yang berlangsung setiap tahun, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengenal mekanisme penyusunan basis data yang telah dibuat terutama untuk menentukan arah kebijakan PPM di perguruan tinggi. (SM/Zul)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa