Pelatihan Pengembangan Basis Data Angkatan III oleh LPPM IPB

Pelatihan Pengembangan Basis Data Angkatan III oleh LPPM IPB

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB pada Selasa-Rabu, 24 – 25 Oktober 2017 melaksanakan Pelatihan Pengembangan Basis Data Angkatan III di Ruang Mahoni 1, IPB Science Park Taman Kencana Bogor. Pembukaan pelatihan basis data tersebut dilakukan oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Prastowo, MEng) dan dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. Agik Suprayogi, Msc.,Agr).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diikuti oleh sebanyak 19 peserta yang berasal dari unit kerja PPM dari beberapa Perguruan Tinggi yaitu Politeknik Negeri Bengkalis, STIKES Sari Mulia Banjarmasin, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Bangka Belitung, Universitas Brawijaya, Universitas Djuanda, Universitas Jember, Universitas Padjajaran, Universitas Pakuan, dan Universitas Pancasila. Peserta pelatihan adalah personal yang dapat bertugas mengelola data PPM, mampu menangani data elektronis dan memiliki wewenang menentukan arah pengembangan basis data di institusi masing-masing.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan bagi peserta dalam mengenal mekanisme penyusunan basis data PPM, merencanakan struktur basis data PPM di perguruan tinggi, mengisi, memelihara, meremajakan, serta memanfaatkan basis data yang telah dibuat untuk menentukan arah kebijakan PPM di perguruan tinggi. Materi pelatihan yang diberikan meliputi (1) Pemanfaatan dan Fungsi Basis Data dalam Pengambilan Keputusan, (2) Pembentukan Tim Basis Data dan Mekanisme Kerja, (3) Teknik Klasifikasi Penelitian Mengacu pada Dikti dan RIP masing-masing Perguruan Tinggi, (4) Proses Pembuatan Basis Data, (5) Technology Readiness Level (TRL)/Tingkat Kesiap Terapan (TKT), dan (6) Publikasi Data PPM.

Materi pelatihan diisi oleh narasumber yaitu Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc.,Agr, Prof. Dr. Ir. Pudji Muljono, MSi., Dr. drh. Sri Murtini, MSi., Dr. Triadiati, MSi., Huda M. Elmatsani, S.Si., M.Komp., dan Dr. Ir. I Wayan Astika, MSi.

Selain penyampaian materi oleh narasumber, dalam pelatihan tersebut dilaksanakan pula praktik merancang tim basis data, mekanisme kerja dan membuat struktur basis data di institusi masing-masing, praktik penentuan TRL, simulasi penelusuran basis data, dan praktik penyusunan basis data dengan data di masing-masing institusi. Kegiatan praktikum tersebut didampingi oleh Prof. Dr. Bambang Hero Saharjo, MSc.Agr., Prof. Dr. Ir. MF Rahardjo, DEA., Dr. Ir. Anna Fariyanti, MSi., Dr. Ir. Suryahadi., DEA sebagai narasumber pendamping praktikum.

Dengan pelaksanaan pelatihan basis data tersebut, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam penyusunan basis data PPM melalui koordinasi antar unit yang terlibat di institusi.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close