LPPM IPB adakan Pelatihan Etik Penelitian, Komisi Etik Penelitian yang Melibatkan Subjek Manusia

LPPM IPB adakan Pelatihan Etik Penelitian, Komisi Etik Penelitian yang Melibatkan Subjek Manusia

Dalam rangka meningkatkan peran pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), maka LPPM IPB melalui Komisi Etik Penelitian yang Melibatkan subyek Manusia (KEPM) IPB menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Etik Penelitian Komisi Etik Penelitian yang Melibatkan subyek Manusia untuk Peningkatan Kapasitas PPM Tahun 2019, pada tanggal 24-25 Juni 2019 di Ruang Mawar Pascasarjana, Kampus IPB Baranangsiang Bogor.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc.Agr), Ketua KEPM IPB (Prof. Dr. Ir. Evy Damayanthi, MS) dan diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari 9 orang Tim KEPM IPB, 13 orang Dosen IPB, 1 orang Mahasiswa IPB, 2 orang Universitas Pakuan, 2 orang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 1 Orang PT. Prodia Widyahusada, 1 Orang UHAMKA Jakarta dan 1 Orang   Indonesia International Institute for Life Sciences. Narasumber yang dihadirkan dari Komisi Etik Penelitian Kedokteran Universitas Padjadjaran (KEPK UNPAD) yaitu Dr. Meita Dhamayanti, dr.,SpA(K). M.Kes, Nur Atik dr.M.Kes. Ph.D, Dr. Med. Muhammad Hasan Bashari dr.M.Kes.

Pelatihan Etik Penelitian merupakan salah satu bentuk upaya untuk mempersiapkan KEPM IPB sebagai komisi etik yang terekognisi (recognized) secara nasional, meningkatkan kapasitas kinerja KEPM-IPB dan peneliti IPB maupun luar IPB yang penelitiannya terkait subjek manusia. Harapan dari pelatihan etik penelitian adalah  Pencapaian prasyarat status terekognisi KEPM LPPM IPB di level nasional oleh KEPPKN, Peningkatan kapasitas anggota KEPM LPPM IPB dan dosen/peneliti IPB maupun luar IPB yang penelitiannya terkait subjek manusia. (Mwj)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa