Pasar Rakyat Tani 2015

Pasar Rakyat Tani 2015

Pasar Rakyat Tani

Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Agrisocio menggelar Pasar Rakyat Tani (Farmers' Market), dengan konsep “Pasar Rakyat di Tengah Kota”, Sabtu-Minggu (5- 6 / 9 ) di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang, Bogor. Kegiatan yang digelar dalam rangka Dies Natalis IPB ke?52 ini bertujuan untuk mempertemukan petani (supplier) secara langsung dengan para pembeli (endconsumer), sehing ga harapannya petani memiliki “pasar” yang baik bagi hasil pertanian mereka.

Ketua Panitia Pasar Rakyat Tani, Sabrina, menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 63 stand, yang dipenuhi oleh produk?produk pertanian segar dan olahan langsung dari 42 petani asal Bogor dan Luar Bogor (Lembang, Garut, dan Banyuwangi), mulai dari berbagai sayuran, buah buahan, beras, rempah, tanaman, bunga, ikan, daging, telur, susu, dan berbagai produk pertanian lainnya. “Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, masyarakat akan lebih peduli dengan petani lokal dan semakin cinta pertanian Indonesia,” ujarnya.

Perwakilan Alumni IPB, Dr. Bayu Krisnamurthi mengatakan, Pasar Rakyat Tani 2015 merupakan jawaban bagi pembeli yang mendambakan berbelanja di pasar yang bersih dengan produk?produk segar yang ditawarkan. “Produknya seperti sayur bayam dan kangkung yang hanya seribu rupiah per ikat, tetapi dengan kualitas dan kesegaran lebih bagus dibandingkan dengan kangkung dan bayam di supermarket yang tiga kali lebih mahal harganya. Harapannya, kegiatan Pasar Rakyat Tani ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali, untuk peningkatan pendapatan para petani,” paparnya saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan.

Sementara itu, Rektor IPB Prof.Dr Herry Suhardiyanto mengatakan, kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap petani lokal. Petani akan mendapatkan keuntungan yang lebih adil, terutama berpeluang membuka akses pasar dan kerjasama dengan investor, dan bisa meningkatkan kesejahteraannya. Tampak hadir dalam acara pembukaan Pasar Rakyat Tani ini, diantaranya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof.Dr Yonny Koesmaryono, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB Dr. Sam Herodian, Ketua Panita Dies Natalis IPB Prof.Dr Meika Syahbana Rusli, Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) IPB Dr Syarifah Iis Aisyah, para dosen dan peneliti dari IPB, dan para petani. (Awl)

source: IPB MAGZ

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa