PANEN RAYA KEDELAI DI LAMPUNG

PANEN RAYA KEDELAI DI LAMPUNG

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan  produksi kedelai melalui teknologi Budidaya Jenuh Air (BJA). Kerjasama ini merupakan implementasi pemikiran IPB  lima langkah menuju swasembada kedelai: 1) Mendongkrak produktivitas kedelai melalui teknologi budidaya kedelai jenuh air. 2) Penyediaan lahan pasang surut di luar pulau Jawa. 3) Penyediaan benih bermutu melalui system JABALKEK (Jalinan Arus Benih Antar Lapang dalam Kawasan Estate Kedelai). 4) Jaminan pasar dengan harga kedelai yang menguntungkan bagi petani, dan 5) Revitalisasi lembaga BULOG sebagai lembaga stabilisasi harga.

Kegiatan penanaman kedelai dengan teknologi BJA tahun ini dilaksanakan di 6 provinsi yaitu Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimaantan Tengah, dan Kalimantan Utara. Secara keseluruhan target 2016 meliputi 10.000 hektar. Tahun 2017 ditargetkan luas keseluruhan menjadi 100.000 ha. Pelaksanaanya didampingi oleh sarjana lulusan IPB. Secara keseluruhan 33 orang tenaga pendamping ditempatkan menyebar di seluruh provinsi peserta program. Tenaga pendamping tinggal di lokasi selama program berlangsung mulai dari persiapan lahan sampai dengan panen dan pasca panen.

 Jumat-Minggu, 30 September-2 Oktober 2016 Panen raya kedelai di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung  dengan luas tahun 2016 213 ha dan bimbingan teknis di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Prastowo, M.Eng.), Ketua Tim Pelaksana (Prof. Dr. Ir. Memen suharman), Dosen Fakultas Teknologi Pertanian IPB (Prof. Dr. Ir. Sutrisno), Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (Dr. Ir. Sri Mulatsih, M.Sc.Agr), Dosen Fakultas Pertanian IPB (Shandra Amarilis), Staff BPTP Jambi (Ir. Endriani, M.Si), Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Mesuji (Ir. Yusuf), Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Ir. Syafarudin, M.Si), serta para petani dari kabupaten Mesuji dan Ogan Komering Ilir.

Dalam agenda kali ini, tim IPB melakukan bimbingan dan arahan kepada petani kedelai terkait teknis penanganan pasca panen dan sistem kelembagaan di balai desa. Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan arahan dinas kabupaten kepada petani untuk mendukung program BJA kedelai. Penerapan Budidaya Jenuh Air (BJA) sesuai untuk diterapkan di lahan pasang surut dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Pemerintah daerah Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Ogan Komering Ilir serta petani bersedia bekerjasama dengan IPB untuk melaksanakan program BJA kedelai tahun depan.

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa