Orientasi Lapang Calon SPR di 3 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro oleh LPPM IPB

Orientasi Lapang Calon SPR di 3 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro oleh LPPM IPB

Dalam rangka pengembangan SPR (Sekolah Peternakan Rakyat) di Kabupaten Bojonegoro, pada tanggal 8 – 10 Februari 2018 Dr. Amiruddin Saleh (Tenaga Ahli Bidang Kelembagaan LPPM IPB) melakukan kegiatan orientasi lapang ke 3 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yaitu Kecamatan Margomulyo, Kecamatan Sekar, dan Kecamatan Bubulan. Kedatangan Dr. Amiruddin diterima oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Ardiyono) pada Kamis 8 Februari 2018 di Desa Sekar, Kecamatan Sekar. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan acara Deklarasi 3 SPR baru di Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 19 Februari 2018.

Dr. Amiruddin melakukan Cross check dan penajaman pembentukan calon SPR baru yaitu SPR Karya Bersama yang terletak di Desa Kalangan, Kecamatan Margomulyo. Jenis ternak yg akan dikembangkan di calon SPR Karya Bersama adalah Sapi potong, yang umumnya adalah Sapi PO (Peranakan Ongole).  Jumlah anggota SPR saat ini sebanyak 27 orang, dengan jumlah ternak sapinya 91 ekor yang terdiri atas 82 ekor sapi dewasa dan 9 ekor pedet. Dari 91 ekor sapi dewasa, 18 ekor diantaranya berjenis kelamin jantan dan dan 73 ekor betina. Selain orientasi lapang, Dr. Amiruddin melakukan diskusi  di Kantor Desa Kalangan bersama dengan sekretaris Desa serta GPPT Calon SPR Karya Bersama.

Orientasi Lapang Calon SPR di 3 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro oleh LPPM IPB

Kegiatan orientasi lapang dilakukan pula oleh Dr. Amiruddin pada tanggal 9 Februari 2018 di calon SPR baru yaitu SPR Karya Unggul, yang terletak di Desa Sekar, Kecamatan Sekar. Jenis ternak yg akan dikembangkan adalah Sapi potong, yang umumnya adalah Sapi PO (Peranakan Ongole) dan Sapi Bali.  Total jumlah ternak yang dimiliki oleh GPPT adalah 46 ekor. Diskusi dilakukan di Rumah Ketua GPPT di Dusun Gendongan RT 15 RW 07 Desa Sekar, dengan melibatkan 9 orang GPPT, Petugas IB/Mantri Hewan, dan kasie Agribisnis Dinas Peternakan & Perikanan Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan orientasi lapang selanjutnya dilakukan pada tanggal 10 Februari 2018 di calon SPR baru yaitu SPR Argo Semi yang terletak di Desa Clebung, Kecamatan Bubulan. Jenis ternak yg akan dikembangkan adalah Kambing jenis Senduro.  Total jumlah ternak yang dimiliki oleh 9 GPPT yang tergabung dalam calon SPR Argo Semi sejumlah 73 ekor ternak kambing. Dr. Amiruddin melakukan diskusi dengan para GPPT dan Kepala UPT Puskeswan di Rumah Sekretaris GPPT di Dusun Clebung RT 08 RW 02 Desa Clebung.

Dari hasil diskusi dengan para tokoh masyarakat yang terlibat dalam pembentukan calon SPR baru di 3 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Semua anggota GPPT yang hadir menyatakan kesediaannya menjadi Pengurus SPR dan berkomitmen untuk mensukseskan program SPR, termasuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk acara Deklarasi SPR pada tanggal 19 Februari 2018. Dr. Amiruddin juga memberi pemahaman kepada para GPPT terkait penyusunan AD/ART dan memberikan penjelasan tentang SPR untuk membangun “SATU SPR MENUJU PETERNAK BERSATU DALAM BISNIS KOLEKTIF BERJAMAAH,” dengan konsep SPR-1111 : Minimal 1000 indukan ternak; Maksimal 100 pejantan pemacek; Minimal 10 ternak per peternak untuk menuju 1 visi peternak mandiri & berdaulat. Sebagai tambahan, Dr. Amiruddin menyampaikan saran yang diusulkan oleh Prof. Muladno agar nama 3 calon SPR yang akan dibentuk di Kabupaten Bojonegoro masing-masing tersusun dari 3 suku kata.

Download PDF.

lppm

Leave a Reply

Close
Switch Language