Nantikan Beras Emas Kaya Vitamin A

Nantikan Beras Emas Kaya Vitamin A

Nantikan Beras Emas Kaya Vitamin A

 

Wortel sebagai penyedia betakaroten yang baik untuk mata sudah sangat lazim. Betakaroten erat kaitannya dengan ketersediaan vitamin A untuk tubuh. Oleh karena itu, agar memiliki penglihatan yang baik, seseorang akan rajin mengkonsumsi sayur panjang berwarna oranye tersebut.

Namun dengan perkembangan teknologi pertanian yang ada saat ini, betakaroten tidak hanya didapatkan dari wortel atau sayuran berwarna hijau tua. Beberapa tahun terakhir, Filipina sedang berusaha untuk mengembangkan padi yang mengandung zat tersebut. Para peneliti di negara kepulauan itu menyebutnya sebagai golden rice. Secara fisik, beras yang dihasilkan memang berwarna kuning. Rencananya dua tahun lagi bibit padi ini akan beredar di pasaran.

Golden rice merupakan produk bioteknologi, yakni sebuah modifikasi genetik yang memungkinkan seseorang mengembangkan atau mendapatkan sebuah organisme dengan karakteristik tertentu. "Di dalam padi ini ditambahkan gen atau enzim khusus dari jagung dan bakteri," ujar Peniliti dari Departemen Pertanian Filipina, Dr Antonio Alfonso, dalam seminar Pan-Asia Farmers Exchange Program yang diadakan CropLife Asia di Hotel Linden Suite, Manila, Filipina, Selasa (23/03).

Keberadaan padi yang masih dalam tahap akhir pengujian di International Rice Research Institute (IRRI) Filipina ini berawal dari pemikiran Peniliti IRRI, Dr Peter Jennings. Pada tahun 1984, dia ingin meningkatkan konsumsi vitamin A di negara yang banyak mengkonsumsi nasi.

Sumber : republika.co.id/ humasristek

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa