Mi Rumput Laut Kreasi IPB

Mi Rumput Laut Kreasi IPB

Mi Rumput Laut Kreasi IPB

Image: corbis.com

JAKARTA - Mi rumput laut buatan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) jadi primadona Campus Corner pada Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Para pengunjung mencicipi salah satu produk wirausaha mahasiswa IPB tersebut.

Rasa mi rumput laut tidak jauh berbeda dengan mi instan lain yang terbuat dari tepung terigu. Mi ini juga bisa dimasak seperti mi telor dengan campuran sayuran dan lauk lainnya.

Cara pembuatan mi rumput laut cukup sederhana. Pertama, tepung terigu dicampurkan dengan ekstrak rumput laut dan sagu hingga menjadi kalis. Adonan ini kemudian digiling menjadi lembaran panjang dan tipis serta dipotong-potong menggunakan mesin pemotong menjadi berbetuk mi. Mi yang telah dicetak ini lalu dikukus selama 15 menit, kemudian dipanggang dalam oven selama 20-30 menit. Setelah dingin, mi dimasukkan ke dalam plastik beserta bumbu dan saos, kemudian disegel.

Ekstrak rumput laut yang dicampurkan dalam adonan mi didapat dari proses berikut, pertama, rumput laut direndam dalam larutan NaOH dan H2O2 dengan konsentrasi tertentu. Setelah direndam, rumput laut tersebut dicuci bersih dan dipotong-potong untuk dihaluskan dengan blender. Hasil yang didapat dari proses penghalusan tersebut lalu direbus untuk kemudian disaring dan diambil ampasnya sebagai ekstrak rumput laut.

Dalam pameran yang akan berlangsung hingga 27 Juni mendatang, IPB memamerkan produk-produk wirausaha seperti berbagai olahan buah pala dan bunga rosella, telur puyuh omega 3, boneka horta (boneka dari umbi-umbian), serta mi yang terbuat dari rumput laut.

"Semua produk yang dipamerkan merupakan hasil produksi komunitas wirausaha IPB," jelas salah seorang mahasiswa IPB yang menjaga stan Arya Wiyana kepada okezone, Kamis (24/6/2010).

Semua produk kreasi mahasiswa tersebut telah dipasarkan melalui berbagai gerai dan kafe. Dalam produksi dan penjualannya, IPB turut memberdayakan masyarakat sekitar sehingga jangkauan pemasarannya luas. 

"Salah satu produk, yaitu yourTEA, bahkan telah merambah pasar hingga Papua," jelas Arya.

yourTEA adalah usaha minuman teh yang dipasarkan dengan sistem waralaba menggunakan booth. Produk ini merupakan salah satu finalis dalam ajang Mandiri Usaha Muda 2010.  

Program wirausaha IPB merupakan program rutin IPB. Seleksi dilakukan dalam berbagai tahap dari proposal hingga psikotes. Menurut Arya, IPB memang telah mengembangkan diri sebagai kampus wirausaha. Salah satu langkah menuju kampus wirausaha adalah dengan menyediakan mata kuliah kewirausahaan yang wajib diikuti semua mahasiswa IPB.

Lewat mata kuliah ini, Arya mengaku mendapatkan banyak pengetahuan tentang wirausaha dalam bidang pertanian. "Jadi pertanian bukan sekadar cangkul-mencangkul," tutupnya.
(rhs)

Sumber : Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa