Mahasiswa KKN Kebangsaan Beri Pendidikan Karakter Melalui Persembahan Wayang

Mahasiswa KKN Kebangsaan Beri Pendidikan Karakter Melalui Persembahan Wayang

TERNATE-  Mahasiswa KKN Kebangsaan yang bertempat di kelurahan Tongole, melaksanakan pendidikan karakter anak melalui pertunjukkan wayang pada hari Senin, tanggal 7- Agustus – 2019 lalu. Persembahan wayang ini sendiri di tampilkan oleh salah seorang peserta KKN Kebangsaan yang kebetulan mengambil Jurusan Pedalangan di Institus Seni Indonesia Surakarta yaiitu Haris Nurrohman serta dibantu oleh mahasiswa KKN Kebangsaan sekelompok.

Kegiatan peningkatan karakter anak melalui media wayang yang dilaksanakan di SDN 19 Kota Ternate merupakan sebagai edukasi tambahan selain materi-materi yang telah dijelaskan oleh guru. Wayang digunakan sebagai media karena wayang dikota Ternate sangatlah jarang bahkan tidak ada, sehingga dengan melihat kebudayaan yang baru, anak-anak akan semakin tertarik dan antusias dalam mengikutinya. Selain itu, anak-anak juga dapat mencontoh karakter-karakter baik yang ditampilkan dalam wayang, dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karakter yang dimunculkan terispirasi dari karakter pandawa lima. Karakter tersebut seprti Rifai (pembangkang), Rara (patuh dengan orang tua), Ibu Rara dan Rifai (sabar), Andini (bijaksana), dan Irul (pemaaf).

Mahasiswa-KKN-Kebangsaan-Beri-Pendidikan-Karakter-Melalui-Persembahan-Wayang

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegitan yang pada hari sebelumnya yaitu tanggal 5 Agustus 2019 terdapat kegiatan penampilan minat dan bakat dari siswa SDN 19 Kota Ternate dalam bentuk tarian-tarian sebagi bentuk peningkatan bakat anak dan peningkatan rasa cinta dengan budaya sendiri, serta nantinya akan dilanjutkan lagi dengan kegiatan edukasi mitigasi bencana di SDN 19 Kota Ternate. “Penampilan wayang juga akan dilakukan saat malam puncak kegiatan 17 Agustus di kelurahan Tongole, kolaborasi dengan sangar Kapita Baykole, mengangkat cerita Sultan Babullah” ujar Zainal Abidin, Koordinator KKN Kebaangsaan di Kelurahan Tongole.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Kebangsaan Kelurahan Tongole sangat kami butuhkan, seperti kegitan yang dapat meningkatkan karakter anak. Melalui kegiatan peningkatan karakter anak dengan media wayang sangat tepat, karena anak-anak akan lebih mudah menangkap dan mengingat semisal menggunakan media yang baru seperti wayang” ujar salah seorang guru SDN 19 Kota Ternate, Bapak Faisal atau lebih akrab di sapa pak Ical.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa